Monday, March 30, 2015

Exploring the network

Exploring the network merupakan judul dari bagian pertama untuk CCNA RS (kurikulum baru dari Cisco Network Academy) yang pada tingkatan pertama diberi nama Pengenalan Jaringan Komputer. Sekilas dari sisi konten, tingkatan pertama CCNARS ini hampir sama dengan CCNA1 pada kurikulum sebelumnya yang membahas tentang dasar-dasar jaringan komputer secara umum. Materi yang dibahas mencakup jaringan komputer yang digunakan setiap saat, peralatan dan topologi yang digunakan dalam membangun jaringan komputer dari skala kecil hingga besar, karakter dari jaringan komputer yang dapat mendukung komunikasi jaringan kecil ke jaringan besar, dan tren yang berkembang dalam jaringan komputer.
1.1  Koneksi Secara Global
Berbicara tentang jaringan komputer jika dilihat dari sejarahnya, perkembangan yang terjadi (sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1960an) dapat diklasifikasikan menjadi 4 era, era yang pertama terjadi pada tahun 1990an dimana akses terhadap jaringan komputer hanya dapat dilakukan dengan menggunakan komputer personal (PC) dan beberapa komputer jinjing yang sudah dibekali dengan ethernet card yang terhubung menggunakan kabel UTP ke peralatan switch dan hub. Sehingga akses jaringan hanya dapat dilakukan jika kita menggunakan atau memakai peralatan tersebut yang cenderung tidak dapat dipindah-pindahkan.Pada era 2000an, dengan berkembangnya peralatan atau perangkat keras komputer dan jaringan komputer, pengguna jaringan komputer dapat terhubung ke jaringan komputer dengan peralatan yang sehari-harinya dibawa dan digunakan, antara lain PDA, Smartphone, Handphone dan komputer tablet, yang didukung jaringan oleh penyelenggaran komunikasi atau biasa disebut sebagai provider yang memberikan layanan sambungan nirkabel dengan kecepatan dari tahun ke tahun yang bertambah cepat. Sehingga era ini dikenang sebagai era dimana semua orang membawa peralatan yang dapat digunakan untuk akses jaringan komputer dari mana saja dan kapan saja. Era 2010an ke atas akan menjadi era dimana jaringan komputer bernama internet akan menjadi bagian hidup dari manusia. Kecepatan yang bertambah cepat dari tahun ke tahun, kapasistas penyimpanan data yang bertambah besar dan tentu saja data yang bertambah besar untuk dapat diakses setiap saat dari mana saja membuat internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan pada manusia modern saat ini. Jaringan komputer memberikan layanan bagi kita untuk belajar menjadi lebih mudah dan akses lebih luas, dengan diakses dengan berbagai macam peralatan yang anda miliki. Jaringan komputer juga telah mengubah cara kita dalam berkomunikasi, dahulu kita dapat berkomunikasi dengan peralatan tertentu saja dan cenderung tidak dapat berpindah pindah tempat, sekarang kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dengan peralatan yang berbeda beda bahkan bahasa yang berbeda-beda dan dengan cara yang berbeda-beda tanpa harus bertatap muka. Hal ini juga berakibat pada cara kerja kita yang mulai berubah. Dahulu kita mengirimkan dokumen dengan mengubah data yang ada di kertas menggunakan mesin fax, sekarang tinggal mengirimkan email, dahulu transaksi perdagangan dilakukan secara manual (tangan ke tangan) sekarang kita hanya tinggal akses internet banking.
1.2  LAN, WAN, dan Internet
LAN, WAN dan Internet merupakan jenis jaringan komputer yang banyak digunakan dalam skala kecil hingga besar. Jaringan komputer ini dibangun dengan menggunakan 3 komponen utama : peralatan jaringan, media transmisi dan layanan. Contoh peralatan jaringan komputer antara lain  swithces dan WAP yang dikenal sebagai peralatan yang digunakan untuk akses jaringan komputer, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan komputer lainnya, firewall digunakan untuk memberikan layanan keamanan pada jaringan komputer. Peralatan ini dihubungkan dengan media transmisi kabel atau non kabel, pada media transmisi kabel dapat juga menggunakan kabel tembaga atau kabel fiber optic ke peralatan (end device) berupa komputer, server, laptop, tablet, printer, ip phone, teleconference dan peralatan komputer lainnya.
1.3 Jaringan Komputer sebagai Platform
Jaringan komputer yang dulunya dibangun untuk menghubungkan dua peralatan komputer (point to point) kini telah menjadi sebuah jaringan komputer yang dapat digunakan untuk saling berkomunikasi data antar komputer di seluruh dunia. Daya gunanya pun semakin meningkat, dulu orang menggunakan jaringan komputer untuk  mengirim data teks, sekarang tidak hanya teks, tetapi dapat berupa audio dan video dengan peralatan yang berbeda-beda. Sehingga persyaratan sebuah jaringan komputer yang dapat didayagunakan seperti ini yaitu : mampu menangani kegagalan komunikasi data, mudah dikembangkan, terjamin kualitasnya dan aman.
1.4 Perkembangan Jaringan Komputer
Jaringan komputer saat ini (internet) mengalami perkembangan yang tidak secepat awal tahun 2000an. Trend teknologi yang muncul sebennarnya sudah ada pada tahun sebelumnya, sebut saja trend cloud computing, yang sudah ada dan dikenal di era 1990an kini dengan sedikit dipoles teknologinya menjadi laku dijual lagi. Trend yang sebetulnya menjadi ukuran atau indikator perkembangan teknologi jaringan komputer yaitu seberapa banyak gadget yang dibawa oleh manusia saat dia ingin mengakses teknologi internet. Konsep Bring Your Own Device (BYOD) merupakan salah satu indikator perkembangan teknologi internet dimana dengan beberapa peralatan, untuk beberapa konten (internet) dalam berbagai macam cara menjadi tred global.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.