Sunday, July 13, 2014

Pesta (Piala Dunia 2014) Telah Usai

Sebuah catatan  kecil dari kejuaraan olah raga tingkat dunia yang paling banyak digemari oleh manusia di muka bumi ini telah berakhir. Ya, piala dunia yang digelar di Brazil pada tahun 2014 ini dimenangkan oleh Jerman (piala ke empat bagi mereka), yang pada laga final mengalahkan Argentina 1-0 melalui gol Mario Gotze pada perpanjangan waktu, menorehkan rekor baru.
Rekor pertama yang ditorehkan malam itu adalah Jerman sebagai tim sepakbola dari benua Eropa berhasil menjadi juara pertama pada piala dunia yang digelar di benua Amerika. Sebagai catatan, Brazil pernah juara di benua Asia tahun  2002 (Korea Selatan-Jepang) dan Spanyol pernah juara di benua Afrika tahun 2010. Tentu Jerman lebih spesial, karena juara di tanah (benua) jawara bola, dengan mengalahkan Argentina seperti tahun 1990 di Italia.
Rekor kedua dibukukan Jerman dengan menjadi tim yang paling banyak mencetak gol pada turnamen piala dunia melewati Brazil dengan jumlah gol 224. Lebih spesial lagi mereka melewati rekor gol tim Brazil saat membantai Brazil dengan 7 gol pada laga semifinal. Rekor ketiga yang dicetak tim Jerman adalah hadirnya pemain yang bernama Miroslav Klose menjadi pencetak gol terbanyak melewati Ronaldo (Brazil) dengan jumlah gol sebanyak 15 yang diraih setelah mengalahkan Brazil di semifinal.
Dari lapangan bola, pada piala dunia 2014, banyak sekali kejadian menarik. Salah satunya yang akan selalu diingat pencinta bola adalah gigitan Luiz Suarez kepada pemain Italia saat Uruguay bertemu dengan mereka pada babak penyisihan grup, meski Italia sendiri harus pulang lebih cepat dari Uruguay. Kejadian ini membuat FIFA menghukung larangan bermain bola secara profesional kepada Luiz Suarez selama 4 bulan. Sebenarnya ini kali kedua pemain Uruguay tersebut melalukan gigitan pada pemain lawan saat bertanding, Ivanovic pemain Chelsea adalah korbanya. 
Jumlah gol yang diciptakan pada piala dunia 2014 ini sebanyak 171 gol, jumlah terbanyak dalam satu pertandingan terjadi saat Brazil bertemu dengan Jerman. Dengan 136 gol diciptakan pada babak penyisihan, dengan gol terindah dilakukan oleh Robin Van Persie saat Belanda mengalahkan Spanyol 5-1. Gol ini sangat indah karena dilakukan oleh Persie dengan gaya meloncat yang ketika ditangkap menggunakan kamera seakan-akan pemain Belanda ini terbang mengejar bola

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.