Sunday, May 17, 2015

Mantra Pencegah Kehilangan

Kehilangan barang yang berharga akan sangat membuat terluka bagi pemiliknya. Barang berharga ini tidak dilihat harganya dalam rupiah saja, tetapi dapat dilihat dari fungsionalitas barang tersebut terhadap pemiliknya. Misal orang yang suka minyak gosok akan sangat kehilangan jika minyak gosoknya tiba-tiba raib entah kemana. Seorang mahasiswa akan sangat terluka sekali jika kekasihnya hilang diambil orang, apalagi kalau dia hanya memiliki satu kekasih saja tempat dia mencurahkan segala isi hati dan otaknya.
Mengapa hal tersebut bisa membuat luka mahasiswa? Kalau dilihat dan dihargai, kekasihnya kadang memiliki tampilan yang kusam dan berdebu, serta harganya cenderung turun. Ia tidak bisa diajak berbicara tetapi tidak pendiam, sangat penyabar dalam menerima curahan hati dan pikiran. Kekasih mahasiswa itu namanya Laptop. Mas atau mbak laptop ini sangat setia, hingga kadang pemiliknya lupa bagaimana cara merawatnya. Jika  terjadi sesuatu dengannya, rusak atau hilang, bisa jadi separuh akunya mahasiswa akan pergi, karena data yang ada di dalam laptop tersebut sangatlah penting, untuk menghindari hal ini (sebelum terjadi) maka ada beberapa pilihan untuk menyimpan dan membackup data yang ada di laptop antara lain email, cloud computing dan jejaring sosial.
1. Jejaring Sosial
Facebook atau jejaring sosial yang lainnya yang memiliki fitur pengirim pesan dapat digunankan sebagai media penyimpan data (backup data). Dengan cara melakukan pengiriman pesan dan lampiran (ini datanya) kepada diri kita sendiri. Atau jejaring sosial yang memberikan fitur up load foto, video dan data dapat digunakan sebagai media penyimpan data, tetapi yang perlu diingat adalah melakukan setting hanya bisa dilihat sebagai pribadi.
2. Email
Hampir sama dengan jejaring sosial, email dapat digunankan sebagai media penyimpan data dengan cara mengirmkan email yang berisi lampiran data kepada diri kita sendiri, tetapi yang perlu diingat adalah kapasistas  email yang diijinkan digunakan secara gratis kepada pemilik akun email yang kadang dibatasi oleh pemilik mail server.
3. Cloud Computing
Google drive, 4share atau rapidshare dan yang lain-lainya merupakan contoh dari penerapan cloud computing yang memberikan layanan penyimpanan data pada perangkat keras penyedia layanan cloud computing ini. Dengan menjadi anggota cloud tersebut, kita dapat menyimpan semua data sesuai dengan ketentuan yang ada.

Selesai masalah, tidak perlu khawatir jika terjadi kehilangan kekasih? Tidak juga, karena yang perlu anda pahami bahwa data yang anda simpan di ketiga media tersebut hak milikinya tidak hanya anda saja, tetapi menjadi milik mereka (perusahaan tempat penyedia jasa tersebut dan masyarakat yang menggunakan jaringan internet)  

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.