Friday, February 24, 2012

Keamanan Jaringan Komputer : Mengamankan Email

Email bagi masyarakat pengguna internet bukanlah hal yang baru, dengan menggunakan email, orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang juga wajib memiliki email. Sebelum teknologi ini ada, orang berkomunikasi dengan mail atau surat yang manual, dengan mengirimkan surat yang disertai dengan alamat tujuan dan jangan lupa alamat pengirim, untuk mengantisipasi jika alamat tujuan sudah tidak ada maka surat akan dikembalikan kepada pengirimnya.

Dengan cara yang sama tetapi teknologi berbeda, mail sekarang telah digusur perannya oleh elektronik mail atau disingkat email. Beberapa mail server menawarkan konten email yang gratis dan bahkan dengan kapasitas yang tidak terbatas. Mail server ini menggantikan peran alamat surat manual atau alamat rumah kita. Dengan menggunakan email dari salah satu konten kita dapat berkomunikasi dengan email orang lain yang sama atau berbeda konten dengan kita. 

Cara Menggunakan Email
Email dapat digunakan atau dioperasikan dengan syarat mutlak tersedianya koneksi internet dan alamat email. Jika alamat email belum punya maka kita harus membuatnya, contoh membuat alamat email di gmail.com. Cara pembuatan email membutuhkan browser yang kita hubungkan dengan mail server dengan memasukan alamat email server, contoh https://mail.google.com/. Setelah memiliki alamat email, kita dapat mengaksesnya dengan browser ( contoh chrome) atau dengan menggunakan perangkat lunak yang khusus digunakan untuk mengakses email, contoh MS Outlook. Sebagai perhatian jangan menggunakan alamat email untuk perusahaan atau institusi dengan mail server yang gratis atau dengan kata lain rancang dan bangun sendiri sebuah komputer server sebagai mail server perusahaan atau institusi anda. Mail server yang gratis tersebut kita gunakan sebagai alamat email yang bersifat pribadi dan tidak disarankan untuk menggunakan satu alamat email bagi banyak orang (berbahaya). 
Kejahatan Terhadap Email
Kejahatan dan tindak kriminal dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Tak terkecuali terhadap email, berikut kejahatan terhadap email (hanya sebagian saja) :
  1. Spamming, teknik ini tidak hanya digunakan untuk melakukan kejahatan terhadap email saja, tetapi kerap digunakan untuk melakukan pengiriman email yang sama isinya terhadap alamat email seseorang yang dituju, yang berakibat penuhnya inbox atau kotak surat dari email. Bisa dibanyangkan jika anda menggunakan mail server yang kapasitasnya terbatas, email anda bisa dinonaktifkan oleh pihak mail server. Bagaimana cara menanggulanginnya? Jika anda menggunakan gmail atau yahoo, hal ini tentulah bukan urusan anda, karena pihak manajemen dari mail server telah mengantisipasi hal tersebut dengan membaca email yang memiliki subyek yang sama akan disingkirkan dari inbox anda. Bagaimana kalau anda menggunakan mail server sendiri, hmmmm, administrator jaringan komputer harus belajar lagi. Pengembangan dari teknik ini memunculkan varian mail bomb, junk mail dan yang lain-lain.
  2. Hijacking, atau pembajakan terhadap email sering dilakukan oleh orang yang profesional atau amatiran. Bagi para profesional tujuannya adalah menguji sistem, sedangkan bagi amatiran tujuannya sangat mudah ditebak, PENGACAU. Bagaimana hal ini dapat terjadi, yang paling sederhana dengan menebak password atau mencari informasi secara tradisional terhadap password email seseorang. Yang profesional, mereka mengunakan aplikasi sendiri atau orang lain untuk mengetahui lalulintas data, termasuk email, dari sebuah jaringan komputer. Dan yang paling mudah adalah hot spot area, yang gratisan atau yang berbayar. Para profesional sering menggunakan aplikasi wireshark atau sejenisnya untuk mengetahui lalulintas data pada sebuah jaringan komputer. Bagaimana cara mengatasinya, pertama jangan mengakses informasi dari internet yang terkait dengan password dan pin di hot spot, memang agak preventif tapi kita berhak melakukan itu. Jangan meminjamkan peralatan dan komputer anda yang biasa digunakan untuk mengakses informasi kepada orang yang tidak anda percaya. Karena percayalah, yang ini sangat membutuhkan sumber daya manusia yang baik dan sabar, serta agak mahal, untuk membuat jaringan komputer menjadi aman. Yang terakhir BACALAH DOA.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.