Sunday, June 5, 2011

Contoh Program dengan Fungsi


Seperti dalam artikel sebelumnya tentang fungsi, artikel berikut memuat contoh sebuah fungsi dalam bahasa C, yang digunakan untuk menjumlahkan dua buah bilangan dan juga mengadopsi perulangan. Bilangan yang akan dijumlahkan harus dimasukan ketika program ini dijalankan, jadi seperti terlihat digambar, kita diminta memasukan bilangan I dan Bilangan II, kemudian setelah kita tekan enter akan muncul pesan, hasil penjumlahan dan sebuah pertanyaan diulang(y/t)?
Program ini sebetulnya program biasa dan tidak terlalu susah, karena hanya digunakan untuk menjumlahkan dua buah bilangan, tetapi penerapan fungsi dalam program ini, diluar fungsi main(), membuat program ini menjadi lebih rumit. Code program selengkapnya sebagai berikut :
  1. #include"stdio.h"
  2. #include"conio.h"
  3. int tampilkan_jml(int a, int b);
  4. int c;
  5. main()
  6. {
  7. int bil1,bil2;
  8. char jawab;
  9. do
  10. {
  11. clrscr();
  12. printf("Masukan bilangan I:");
  13. scanf("%d",&bil1);
  14. printf("Masukan bilangan II:");
  15. scanf("%d",&bil2);
  16. tampilkan_jml(bil1,bil2);
  17. printf("Hasil penjumlah adalah %d",c);
  18. printf("\nDiulang(y/t)= ");
  19. scanf("%s",&jawab);
  20. }
  21. while(jawab=='y');
  22. }

  23. int tampilkan_jml(int a, int b)
  24. {
  25. c=a+b;
  26. return c;
  27. }
Fungsi dalam kode program (28 baris) tersebut menunjukan bahwa, program memiliki dua buah fungsi, yang pertama fungsi main() dan yang kedua adalah fungsi tampilkan_jml(int a, int b). Fungsi yang kedua ini harus dideklarasikan, lihat baris ke 3, dan didefinisikan, lihat baris 24-28, sebelum akhirnya digunakan atau dipanggil pada fungsi main(), yaitu pada baris ke 16.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.