Thursday, September 15, 2016

Alice[2] : Meletakan Obyek

Artikel berikut ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya (klik) tentang Alice. Pembahasan selanjunya yaitu terkait dengan object atau obyek. Dalam materi Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) ada istilah obyek, untuk membuat obyek (dengan menggunakan bahasa pemrograman java) dibutuhkan tempat atau cetakannya.
Ambil contoh batu bata, dibuat dari tanah dengan ukuran yang semuanya sama, sehingga batu bata berupa obyek jumlahnya dapat lebih dari satu yang memiliki cetakan sama. Cetakan ini dalam PBO sering kita kenal sebagai class (kelas). Begitu juga ketika kita akan memasukan sebuah obyek pada Alice, kita butuh kelas sebagai cetakannya. Sebelum memasukan obyek ada baiknya kita sudah masuk ke dalam Alice seperti tampak pada gambar 1.
Gambar 1. Tampilan awal (code editor)
Setelah gambar 1 tampil pada layar komputer anda, berikutnya yang dilakukan adalah melakukan klik mouse kiri pada tombol  Setup Scene. Akibat dari klik ini tampilan Alice akan berubah seperti pada gambar 2, dimana dari sinilah nanti kita dapat memasukan obyek.
Gambar 2. Tampilan Scene Editor
Pada gambar 2 terdapat beberapa contoh (template) gambar yang disediakan oleh Alice terletak pada bagian bawah dengan default tab yang aktif yaitu browse galllery by class hierarchy.  Pada tab ini tersedia kelas yang dikelompokan dengan nama biped, flyer, prop, quadruped, swimmer dan transport. Sebagai contoh, pililah biped dengan menggunakan mouse hingga tampilan berubah seperti gambar 3.
Gambar 3. Class biped
Pada gambar 3, kelas biped menyajikan beberapa obyek yang bisa dipilih dan dimasukan pada scene editor dengan cara drag and drop. Lakukan darg and drop ini untuk obyek bernama new Alice(_) kedalam scene editor sehingga akan muncul gambar 4.
Gambar 4. Pilihan obyek new Alice(_)
Ketika pilihan muncul seperti pada gambar 4, maka pilihlah salah satu new Alice(_). Dan setelah dipilih maka akan tampil gambar seperti gambar 5 berikut ini.
Gambar 5. Properti scene dari new Alice(_)
Dalam preview, properti milik new Alice(_) ini merupakan nama sebuah constant yang memiliki vaue type Alice dan name Alice serta initializer new Alice. Setelah itu langkah selanjutnya adalah memilih tombol OK dengan menggunakan mouse sehingga akan tampil sebuah tampilan seperti pada gambar 6. 
Gambar 6. New Alice(_) dalam scene editor
Dengan masuknya biped ini, maka obyek sudah terbentuk dan dalam scene editor anda dapat menambahkan dan memposisikan obyek (biped ini) serta mengedit properti obyek melalui jendela propertinya yang terletak ada bagian kanan atas pada aplikasi Alice ini serta dalam scene editor ini obyek bisa langsung digerakan melalui tombol run.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.