Monday, March 17, 2014

Mengaktifkan dan Menonaktifkan Form pada Netbean

Pemrograman komputer telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun, dahulu ketika seorang yang akan belajar bahasa pemrograman dihadapkan pada pilihan yang tidak terlalu banyak dan didominasi oleh bahasa pemrograman berbasis teks. Meskipun pemrograman berbasis teks saat ini masih banyak digunakan (terutama di web) tetapi laju pertumbuhan permograman berbasis visual sepertinya tidak terbendung lagi. Visual Basic, Delphi dan Netbean merupakan contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat pemrograman berbasis GUI atau visual.
NetBeans (open source- Common Development and Distribution License (CDDL) merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang disponsori Sun Microsystems, yang dilengkapi dengan GUI Editor, yang dapat digunakan untuk membuat program berbasis visual yang gratis di download. Ciri khas pemrograman visual adalah kehadiran tampilan form saat membuat project baru. Form pada netbean dikenal dengan nama JForm, yang pada artikel ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini dengan nama form satu dan dua.

 Saat form satu diaktifkan maka pada kode program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java ditambahkan perintah untuk memunculkan form tersebut dengan menuliskan new satu().setVisible(true);. New artinya membuat atau memunculkan, satu() artinya nama form yang akan dimunculkan, sedangkan setVisible(true) berarti form satu ini visible-nya dibuat true, sehingga akan berakibat saat dijalankan akan muncul form satu yang berisi menu WARUNG MAKAN RINDU NASI.

Untuk menonaktifkan sebuah form dalam netbean tidak bisa menggunakan logika terbalik, maksudnya saya dengan membuat setVisible(false), tetapi dengan melihat dua buah gambar form yang ada dalam artikel ini, dimana tombol Selanjutnya pada form satu jika diklik akan memunculkan form dua yang berisi pesan DAFTAR HARGA WARUNG MAKAN RINDU NASI serta menutup form yang pertama. Seperti yang saya sampaikan diatas, jika ingin memunculkan form maka setVisible(true) sehingga pada tombol Selanjutnya dituliskan kode program new dua().setVisible(true); dispose(); Yang artinya membuka form dua dan menonaktifkan form satu.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.