Sunday, March 23, 2014

Hubungan Data Antar Komponen Pada Netbean

Komponen atau palate yang merupakan obyek dalam aplikasi netbean yang berguna saat kita mendesain sebuah form yang digunakan pada sebuah aplikasi. Setiap komponen memiliki dua bagian dari sisi properties dan event, serta dua bagian tambahan yang membedakan netbean dengan aplikasi pemrograman visual lainnya, yaitu binding dan code. Setiap komponen memiliki dua identitas, yang pertama identitas dalam tampilan yang bernama edit text, dan yang kedua identitas yang dikenal dalam programming-nya yang bernama variabel

Dengan menggunakan nama variabel maka komponen pada contoh aplikasi yang pernah kita bahas pada materi ini dimodifikasi agar dapat saling bertukar data. Langkah selanjutnya adalah mendesain ulang tampilan form agar komponen yang diisikan dan dipilih dapat menjadi data masukan komponen yang lainnya seperti gambar seperti dibawah ini :
Setelah form diubah, maka langkah selanjutnya yaitu mendeklerasikan variabel yang akan digunakan untuk memproses data dengan menambakan variabel private di class form untuk extends javax.swing.JFrame antara lain private int nasikucing; private int hasil; private int nasiuduk; setelah itu tombol Hitung untuk bagian ActionPerformed diberi tambahan kode program seperti dibawah ini :

  1. if (nk1.isSelected())
  2. {
  3. nasikucing=parseInt(nk.getText());
  4. hasil = nasikucing*1000;
  5. area1.setText("Beli"+nk1.getText()+"\n sejumlah "+nk.getText()+" bungkus = Rp."+hasil);
  6. }                                        
  7. else if(nu1.isSelected())
  8. {
  9. nasiuduk=parseInt(nu.getText());
  10. hasil= nasiuduk*2000; 
  11. area1.setText("Beli "+nu1.getText()+"\n sejumlah "+nu.getText()+" bungkus = Rp."+hasil);
  12. } 

Dengan memasukan data berdasarkan pilihan radiobutton dan isian text setiap menu di form tersebut maka akan muncul harga yang harus dibayarkan ada text area. Sehingga program tersebut  ketika dijalankan akan menjadi seperti gambar dibawah ini :

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.