Monday, May 20, 2013

Perbandingan Dua Data String dalam Percabangan dan Perulangan


Dalam membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman java kita sering menjumpai permasalahan ketika melakukan sebuah perulangan yang kondisi pertanyaan membutuhkan jawaban dalam bentuk string. Perulangan biasanya digunakan untuk mengulang pernyataan yang tercounter dalam data integer. Contoh mengulang sebuah out put "1...2...3...4...5...6....7...8....9...10" dan seterusnya. Pada permasalahan ini kita sering menggunakan perulangan while atau do...while, meski yang paling tepat menggunakan for...do.
Perulangan dapat dilakukan dengan membuat kode program yang tidak terlalu rumit karena kondisi pembatas dari yang akan diulang adalah integer. Lihatlah gambar diatas, sebuah algoritma dalam bentuk diagram alir yang memiliki arti bahwa ketika sebuah program dijalankan akan menampilkan form isian untuk memasukkan nama, jika nama benar (yaitu deri) maka program akan berakhir, jika tidak benar maka form memasukkan nama tersebut akan ditampilkan berulang-ulang. Berikut kode program yang dituliskan dalam bahasa pemrograman java :
  1. package selasa;
  2. import javax.swing.JOptionPane;
  3. public class Selasa
  4. {
  5.     public static void main(String[]args)
  6.     {
  7.         String d1;
  8.   do
  9.   {
  10.         d1=JOptionPane.showInputDialog("Masukan nama anda");
  11.   
  12.     if(d1.equalsIgnoreCase("deri"))
  13.     {
  14.              JOptionPane.showMessageDialog(null,"Login sukses");
  15.              System.exit(0);
  16.     }
  17.     else
  18.     {
  19.         JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama anda tidak tercatat");
  20.     }
  21.    }
  22.    while(true);  
  23. }
  24. }

Proses perbandingan string tidak dapat dilakukan dengan menggunakan operator relasi == (sama dengan) sehingga kita perlu menggunakan cara yang lainnya seperti terlihat pada baris kode program nomor 12, yang berarti bahwa string yang dimasukan menggunakan JOptionPane yang ditangkap variabel d1 akan dibandingkan dengan data string "deri". Jika benar maka akan muncul form dengan pesan Login sukses dan program akan berhenti. Jika nama yang dimasukkan bukan "deri" maka akan terjadi perulangan karena pada baris 22 kondisinya menjadi true. Demikian yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk belajar.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.