Sunday, May 26, 2013

Perulangan dengan JOptionPane di Java

Perulangan dalam teknik pemrograman digunakan untuk mengulang-ulang sebuah proses atau tampilan/ tulisan yang berdampak menjadi lebih ringkasnya sebuah kode program. Perulangan atau looping dikenal sebagai sebuah bentuk iterasi dengan mensyaratkan sebuah kondisi yang ditanyakan bernilai true atau false, dan dapat juga sebuah kondisi integer yang menjadi batas maksimum iterasi. 
Dalam bahasa pemrograman java, pengulangan yang mensyaratkan kondisi tersebut menggunakan statment while atau do...while seperti pada tulisan saya sebelumnya [klik]. Sedangkan perulangan dengan kondisi nilai maksimum terpenuhi akan menggunakan bentuk perulangan for(i=batasan awal; i<=batasan akhir;i++).  i dapat diganti dengan nama apapun dengan catatan bahwa tipe data yang digunakan adalah tipe data dalam bentuk angka. Batasan awal digunakan sebagai awal dari sebuah perulangan sedangkan batasan akhir digunakan sebagai akhir sebuah perulangan, tanda ++ memiliki arti bahwa perulangan dalam hitungan angka akan dinaikan dengan selisih 1. Berikut sebuah package bernama senin yang menggunakan atau mengimpor package javax swing untuk mengaktikan JOptionPane dalam kode program, yang dituliskan dengan menggunankan perulangan for.

  1. package senin;
  2. import javax.swing.JOptionPane;
  3. public class Senin
  4. {
  5. public static void main(String[]args)
  6. {
  7. int i;
  8. int [] a= new int[10];

  9. for(i=1;i<=3;i++)
  10. {
  11.    a[i]=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Masukan angka ="));
  12. }
  13. for(i=1;i<=3;i++)
  14. {
  15. System.out.println(a[i]);
  16. }
  17. }

Dalam kode program tersebut terdapat 2 kali perulangan, yang pertama terjadi antara baris 10-13 dan yang kedua terjadi pada baris 14-17. Perulangan yang pertama digunakan untuk memasukan data ke dalam variable a yang bertipe data array integer, lihat baris 8. Data yang didapat menggunakan JOptionPane dalam bentuk string di-parsing-kan ke integer dengan cara seperti pada baris 12. Setelah proses memasukan data selesai, maka data yang telah dimasukan kemudian akan dikeluarkan lagi melalui baris ke 16. Proses pemasukan dan pengeluaran data dari variabel array ini mengacuk urutan data yang telah ditentukan dengan menggunakan variabel i dengan tipe data integer untuk melakukan perulangannya. Sekian, terima kasih, selamat belajar

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.