Thursday, January 12, 2012

Sistem Terdistribusi [4] : Konsep Perangkat Lunak


Meskipun hardware penting, software bahkan lebih penting. Gambaran yang sistem berikan kepada para penggunanya, dan bagaimana mereka berpikir tentang sistem, sangat ditentukan oleh sistem operasi dan perangkat lunak, bukan perangkat keras. Dalam bagian ini kita akan memperkenalkan berbagai jenis sistem operasi untuk Multiprocessors dan multicomputers yang baru saja kita mempelajari, dan mendiskusikan jenis perangkat lunak yang berjalan pada perangkat keras.
Sistem operasi tidak dapat dimasukkan ke dalam computer secara assembling seperti perangkat keras. Secara alamiah perangkat lunak yang samar dan tak berbentuk. Namun, lebih-atau-kurang mungkin untuk membedakan dua jenis sistem operasi untuk beberapa sistem CPU: loosely coupled dan tightly coupled. Sebagaimana akan kita lihat, loosely coupled dan tightly coupled software secara analog berbeda dengan loosely coupled dan tightly coupled.
Perangkat lunak Loosely-coupled memungkinkan komputer dan pengguna dari suatu sistem terdistribusi secara mendasar independen satu sama lain, tetapi tetap untuk berinteraksi dengan terbatas tingkat mana yang diperlukan. Pertimbangkan sekelompok personal komputer, masing-masing yang memiliki CPU, memori sendiri, hard disk sendiri, dan sistem operasi sendiri, tetapi  berbagi beberapa sumber daya, seperti laser printer dan database, menggunakan LAN. Sistem ini longgar digabungkan, karena individu mesin jelas dibedakan, masing-masing dengan tugas untuk dilakukan.
Untuk menunjukkan betapa sulitnya  membuat definisi di daerah ini, sekarang mempertimbangkan sistem yang sama seperti di atas, tetapi tanpa jaringan. Untuk mencetak file, user menulis file di floppy disk, membawa ke mesin dengan printer, membacanya dan kemudian mencetaknya. Apakah ini masih suatu sistem terdistribusi, hanya sekarang bahkan lebih loosely coupled? Sulit untuk dijelaskan. Dari sudut pandang fundamental, benar-benar tidak ada perbedaan teori antara berkomunikasi melalui LAN dan berkomunikasi dengan membawa disket. Pada kebanyakan orang dapat mengatakan bahwa penundaan dan kecepatan data yang lebih buruk.
Pada keadaan ekstrem yang lain kita mungkin menemukan multiprosesor didedikasikan untuk menjalankan program secara paralel. Software untuk sistem ini, baik aplikasi program dan sistem operasi yang dibutuhkan untuk mendukung itu, jelas banyak lebih erat digabungkan daripada contoh sebelumnya.
Kita telah melihat empat jenis hardware dan didistribusikan dua jenis. Secara teori, seharusnya ada delapan kombinasi hardware dan software. Pada kenyataannya, hanya empat bernilai pembeda, karena bagi pengguna, teknologi interkoneksi tidak terlihat. Bagi sebagian besar tujuan, sebuah multiprosesor adalah multiprosesor, apakah itu menggunakan bus dengan snoopy cache atau menggunakan jaringan omega. Pada bagian berikut, kita akan melihat beberapa yang kombinasi paling baik dari  hardware dan software.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.