Thursday, September 15, 2011

Referensi Perintah ( Command ) di Linux[1] : Index a-d




Daftar berikut menjelaskan beberapa perintah Linux yang paling berguna dan populer. Berikut perintah yang dapat dijalankan dalam sistem operasi linux dan turunannya
  1. adduser userid : membuat pengguna baru yang dapat mengakses sistem, dengan syarat yang dapat membuat adalah user tertingi dalam hal ini root.
  2. apropos keyword : Pencarian halaman manual untuk kejadian dari kata kunci tertentu dan mencetak deskripsi singkat dari awal pencocokan halaman manual.
  3. at time atau at -f file time :  Mengeksekusi perintah masuk melalui stdin (atau, dengan menggunakan formulir alternatif, ditentukan berkas) pada waktu yang ditentukan. Waktu dapat ditentukan dalam berbagai cara; misalnya, dalam jam dan menit Format jj: mm atau hari jam, menit, bulan,Format dan tahun mm mm / dd / yy
  4. atq  : Mencetak deskripsi pekerjaan tertunda melalui perintah at
  5. atrm job : Batal pelaksanaan pekerjaan dijadwalkan melalui perintah at. Gunakan perintah atq untuk menemukan identitas pekerjaan dijadwalkan.
  6. bg jobs  : Tempat pekerjaan saat ini (atau, dengan menggunakan bentuk alternatif, pekerjaan tertentu) dalam latar belakang, menangguhkan pelaksanaan sehingga prompt pengguna baru muncul segera. Gunakan perintah pekerjaan untuk menemukan identitas pekerjaan latar belakang.
  7. cal month year : Mencetak kalender untuk bulan tertentu dari tahun tertentu.
  8. cat files  : Mencetak isi dari file tertentu.
  9. cd directory : Perubahan direktori kerja saat ini ke direktori home user atau direktori yang ditentukan.
  10. chgrp -R group files : Perubahan kelompok file tertentu untuk kelompok tertentu. Bentuk alternatif perintah secara rekursif beroperasi, mengubah kelompok subdirektori dan file bawah direktori tertentu. Kelompok harus diberi nama dalam file / etc / kelompok, dipelihara oleh perintah grupbaru.
  11. chmod -R mode files : Mengubah mode akses dari file tertentu ke modus tertentu. para bentuk alternatif dari perintah beroperasi secara rekursif, mengubah modus subdirektori dan file di bawah direktori tertentu.
  12. chown -R userid files  : Perubahan pemilik dari file tertentu ke userid yang ditentukan. alternatif bentuk perintah secara rekursif beroperasi, mengubah pemilik subdirektori  dan file di bawah direktori tertentu
  13. clear : Membersihkan layar terminal.
  14. cmp file1 file2 : Membandingkan dua file, pelaporan semua perbedaan.  Serupa dengan perintah diff, meskipun format output berbeda.
  15. cp -R files directory : Salinan file ke file atau direktori, atau salinan subdirektori dan semua file untuk direktori lain.
  16. date : Menampilkan tanggal dan waktu atau perubahan sistem tanggal dan waktu ke nilai tertentu, dalam bentuk MMddhhmmyy atau MMDDhhmmYYYY
  17. df  : Mencetak jumlah ruang disk bebas pada setiap filesystem yang mount.
  18. diff file1 file2 : Membandingkan dua file, pelaporan semua perbedaan. Serupa dengan perintah CMP, meskipun format output berbeda.
  19. dmesg  : Mencetak pesan-pesan yang dihasilkan dari boot sistem terbaru.
  20. du directories  : Mencetak jumlah ruang disk yang digunakan oleh direktori saat ini  (atau direktori yang ditentukan) dan nya (mereka) subdirektori.
Referensi gambar : http://ilmukomp-teknologi.blogspot.com/2010/05/sejarah-linux-linux-pada-awalnya-dibuat.html


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.