Sunday, September 18, 2011

Organisasi Komputer [2] : Evolusi dan Kinerja Komputer

Materi ini merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya tentang struktur dan fungsi komputer. Evolusi dalam terminology bahasa Indonesia berarti perubahan secara perlahan-lahan atau berangsur-angsur, sedangkan Kinerja berasal dari kata kerja yang diberi sisipan in. Dalam terminologi kerja berari melakukan sesuatu terhadap sebuah obyek, sehingga evolusi dan kinerja komputer dapat diterjemahkan sebagai perubahan secara perlahan-lahan tentang komputer dan cara kerjanya. Berikut evolusi komputer yang tercatat dalam sejarah perkembangan teknologi dan informasi di dunia ini.


1. ENIAC
Komputer sebagai peralatan elektronik yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan beberapa pekerjaannya telah mengalami evolusi dari sejak pertama kali dibuat. Komputer pertama dibuat bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) yang dirancang oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennsylvania. Komputer tersebut mulai dibangun pada 17 Mei 1943 dan dioperasikan secara resmi sejak Februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000. ENIAC kemudian dimatikan pada 9 November 1946 untuk diperbaharui dan ditingkatkan memorinya. ENIAC diperlihatkan kepada umum pada 14 Februari 1946 di Universitas Pennsylvania dan dipindahkan ke Aberdeen Proving Grounds, Maryland pada 1947. Pada 29 Juli tahun yang sama, ENIAC dinyalakan dan akan terus beroperasi hingga pukul 23:45 pada 2 Oktober 1955.Spesifikasi komputer ENIAC yaitu menggunakan sistem Decimal (bukan binary), memiliki 20 accumulators untuk 10 digits, diprogram secara manual melalui saklar ( switches ), berisi 18,000 vacuum tubes, berat 30 tons luas cassing-nya 15.000 square feet, menyeddot listrik 140 kW power, proses yang dilakukan oleh prosesornya 5.000 per second.


2. Von Neumann/Turing

Komputer yang kedua dalam evolusinya adalah komputer von Neumann/Turing, nama ini diberikan berdasarkan nama penemunya John von Neumann (1903-1957). Beliau sebagai pengajar di Princeton Institute for Advanced Studies (IAS) dan diselesaikan rancangannya tahun 1952. Komputer ini memiliki Arsitektur yang digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. Selain itu pada komputer ini telah memiliki konsep Stored Program concept atau alat penyimpan data dalam bentuk Main memory untuk menyimpan program dan data.


Sumber gambar


  1. http://www.treehugger.com/files/2009/12/survey-angels-evolution-agw.php
  2. http://id.wikipedia.org





No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.