Thursday, April 7, 2011

Pemrograman Visual dengan Delphi : Basic

1. Merancang Database dengan Paradox

Database Paradox ini dapat menggunakan aplikasi Database Desktop yang secara default terinstall ketika kita menginstall Borland Delphi, dalam hal ini Delphi 7. Untuk membukanya dapat melalui menu Start-Programs-Borland Delphi 7-Database Desktop atau juga dapat dibuka melalui Borland Delphi 7. Dari beberapa menu di Borland Delphi, pilih menu Tools kemudian pilih sub menu Database Desktop. Kedua cara tersebut akan membuka aplikasi Dataabse Desktop yang nantinya digunakan membuat database Paradox.
Untuk membuat database, pertama-tama kita buat

table kemudian field serta tipe datanya danprimary key jika diperlukan. Setelah aplikasi Database Desktop dibuka, pilih menu File-New-Table… kemudian pilih table type-nya Paradox 7.
Sekarang kita akan membuat tabel, misal tabel bio data, dengan field : kode, nama yang masing-masing mempunyai tipe data alpha(7), dan alpha(14. Sebagai catatan, untuk membuat field disarankan untuk tidak memberi nama field berupa angka atau karakter tertentu pada awal nama field, misal2nama, selain itu juga disarankan untuk tidak memberi karakter spasi pada nama field, misal nama teman.Isikan kode pada Field Name, kemudian pilih Type dengan klik kanan pada mouse atau dengan menekan spasi pada keyboard dan pilih Long Integer. Size dikosongi saja karena tipe data Long Integer telah memiliki batas ukuran tersendiri. Isi Key dengan karakter * (asterik) atau klik dua kali dengan mouse dengan maksud bahwa field kode ini dijadikan sebagai primary key dari tabel bio data ini, dan kemudian tekan tombol enter. Dengan cara yang sama, buat field namadengan tipe data Alpha dan Size 45 serta field nomor dengan tipe data Alpha dan Size 20.
Setelah selesai membuat field, simpan tabel dengan menekan tombol Save as… dan beri nama bio data, jangan lupa untuk menentukan lokasi penyimpanan dengan memilih lokasi folder pada sebelah kanan Save in: untuk mempermudah pengelolaan data nantinya. Setelah lokasi sudah sesuai dan nama tabel juga sudah terisi, klik tombol Save. Sampai disini, pembuatan tabel bio data telah selesai, untuk melihat hasilnya dapat membuka tabel yang telah dibuat tadi di folder tempat lokasi penyimpanan tabel tersebut.
Agar mempermudah kita membuka tabel yang kita buat tadi tanpa mebuka banyak folder untuk mencarinya, kita dapat menentukan folder tempat kita menyimpan tabel tadi sebagai default-nya sehingga jika kita ingin membuka tabel tadi kita akan langsung menuju folder tersebut. Caranya yaitu pilih menu File-Working Directory…kemudian tentukan lokasi folder tempat menyimpan tabel tadi dengan menekan tombol Browse, dan Setelah lokasi telah ditentukan kemudian klik tombol OK, jika ada pertanyaan “Do you want continue?” pilih OK. Untuk mengetahui hasilnya dapat memilih menu File-Open-Table… dan jika pengaturan tadi berhasil maka akan langsung menuju ke folder tempat menyimpan tabel tersebut.
2. Setting BDE Administrator

Buka menu Start-Programs-Borland Delphi 7-BDE Administrator dan klik kanan mouse pada tulisan database kemudian pilh new
Aplikasi ini berguna sebagai penghubung database paradox dengan form yang akan dibuat menggunakan Delphi. Langkah selanjutnya setelah klik kanan new, pilihlah standar, dan setelah muncul database STANDARD1 rahakan path yang beradar pada windows sebelahnya ke tempat direktori tabel yang telah kita buat, setelah klik object dan pilih apply
3. Merancang Form dengan Delphi
Bukalah palikasi delphi Start-Programs-Borland Delphi 7-delphi dan ambil komponen DBgrid dari data control, table dari BDE dan Datasource1 dari data accesss. Isikan properti Table1 database name nya yang diarahkan pada nama database pada langkah ke 2. kemudian properti table name yang dipilh berdasarkan nama tabel yang dibuat pada langkah 1. untuk komponen datasource 1 properti data set diarahkan ke table1 dan komponen dbgrid1 properti data source diarahkan ke nama dari datasource. satu lagi komponen yang ditambahkan adalah DBNAvigator yang terletak pada tab data control. masukan dan arahkan properti data source ke nama dasource1

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.