Monday, April 11, 2011

Mengubah Algoritma Menjadi Program Dalam Bahasa C

Algoritma tidaklah Sulit?!?!ini dikeranakan, jika pemrograman komputer dilakukan secara sistematis yaitu Dengan merancang atau mendisain langkah-langkah yang tepat yang menjelaskan jawaban dari suatu masalah yang diberikan . Langkah-langkah yang disusun secara berstruktur dan terurut untuk menjawab suatu persoalan dengan menggunakan bahasa manusia inilah yang sering disebut dengan algoritma.
Bentuk narasi (narrative description) atau diagram alir (flowchart).Metode narasi sangat sederhana dimana setiap langkah-langkah penyelesaian masalah dalam suatu algoritme ditulis dengan menggunakan kalimat-kalimat yang mudah dipahami. Dalam diagram alir ini banyak digunakan simbol-simbol yang sudah berlaku secara umum sesuai dengan kelompok instruksinya




Sebuah Contoh Soal :


Buatlah program untuk mengurangkan dua buah bilangan jika bilangan pertama yang dimasukan lebih besar dari bilangan kedua, jika sebaliknya maka lakukan proses penjumlahan

Soal tersebut diselesaikan dengan cara mebuat algoritma narasi terlebih dahulu, kemudia algoritma flowchart nya dan terakhir baru membuat kode programnya, hal sangat dianjurkan bagi mereka yang baru pertama kali belajar membuat sebuah program. jika sudah terbiasa membuat program, pembuatan algoritma bisa tidak dilakukan karena algoritma sudah ada di otak kita.

Algorima Narasinya :

1. Mulai

2. Deklarasi variable a,b,c yang bertipe data integer (mengapa tipe data integer yang kita plih? ini karena data yang akan diproses berupa angka yang bukan pecahan, tetapi dapat berupa bilangan negatif atau positif)

3. Tampilkan tulisan "Masukan bilangan I :" dan tangkap ke variabel a

4. Tampilkan tulisan "Masukan bilangan II : " dan tangkap ke variabel b

5. Apakah a>b jika ya, c=a-b, jika tidak c=a+b

6. Tampilkan nilai c.

Setelah algoritma narasi selesai, berikutnya kita buay algooritma flowchartnya seperti pada gambar berikut.





















Setelah algoritma flowchart selesai baru kita buat programnya, dengan cara menyatukan langkah pada algoritma flowchart menjadi kode program berikut ini :
  1. #include
  2. main()
  3. {
  4. float a,b,c;
  5. printf("Masukkan Nilai I : ");
  6. scanf("%f",&a);
  7. printf("Masukkan Nilai II: ");
  8. scanf("%f",&b);
  9. if (a>b)
  10. {
  11. c = a - b;
  12. }
  13. else
  14. {
  15. c = a + b;
  16. }
  17. printf("C = %f\n",c);
  18. }
sehingga jika program dijalankan akan tampil seperti berikut


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.