Sunday, October 9, 2011

Organisasi Komputer [3] : Sistem BUS


Komputer yang tersusun atas beberapa unit yang terorganisasi dapat berfungsi jika penggunanya tidak menggunakan atau memanfaatkan unit tersebut. Salah satu manfaat dari computer adalah dapat diprogram untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang tidak mampu diselesaikan oleh manusia. Dalam membuat program yang akan dijalankan oleh computer, pemrogram sebaiknya melihat kondisi perangkat keras computer tersebut, sebelum memutuskan jenis bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam membuat program atau dikenal juga sebagai aplikasi. Mengapa demikian? Program merupakan deretan atau urutan langkah-langkah, yang setiap langkahnya akan dikerjakan oleh sebuah operasi aritmatika atau logika, dan dalam setiap operasi tersabut dibutuhkan sinyal kendali yang bersumber dari unit kendali computer, contoh ADD dan MOVE.
Sebuah program yang dibuat akan disimpan dalam unit memori dari sebuah computer, unit ini akan menunggu perintah dari prosesor untuk melakukan eksekusi terhadap program yang berwuujud kumpulan instruksi yang tersimpan dalam RAM. Proses eksekusi instruksi ini akan membawa konsekuensi berpindahnya data dari RAM ke prosesor. Disinilah dibutuhkan alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan unit-unit yang teroganisir dalam computer, unit penghubung ini dikenal dengan nama BUS.
Sejarah perkembangan computer mencatat bentuk dan fungsi BUS sudah mengalami perubahan dari tahun ke tahun, secara fisik BUS memiliki tiga bentuk utama : Jalur parallel dalam mothernoard, ribbon cable dan strip connector(PCI).    


Wednesday, October 5, 2011

Jaringan Komputer [3] : Fungsionalitas Lapisan Aplikasi dan Protokol

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, dalam model referensi OSI dan TCP/IP, lapisan aplikasi posisinya merupakan lapisan yang paling atas atau langsung berhubungan dengan pengguna komputer yang terhubung ke dalam jaringan komputer. Lapisan ini akan menjadi lapisan yang akan melakukan pertukaran data dengan lapisan aplikasi lainnya pada komputer yang saling berkomunikasi dalam jaringan komputer. Banyak perusahaan yang memproduksi lapisan ini, yang berupa perangkat lunak guna mendukung aktivitas manusia yang menggunakan jaringan komputer. Dalam model referensi TCP/IP, lapisan aplikasi merupakan gabungan lapisan aplikasi, presentasi dan sesi jika dilihat dari sudut pandang model referensi OSI.
Dalam model referensi OSI, lapisan aplikasi memiliki tiga fungsi utama, yang pertama melakukan pengkodean dan pengkorvesian data dari lapisan aplikasi sumber data ke lapisan aplikasi tujuan data. Kedua, data yang telah dikodekan dan dikonversikan tersbut, akan dikompresi sebelum dikirimkan ke lapisan selanjutnya. Ketiga, data dienkripsi dan pada sisi atau lapisan aplikasi komputer tujuan data tersebut akan didekripsi.Contoh dari lapisan aplikasi adalah web browser dan email klien yang digunakan oleh pengguna komputer untuk mengakses situs internet dan email, seperti gmail.com. Komunikasi dalam jaringan komputer yang melibatkan lapisan aplikasi ini harus dijaga konsistensinya, untuk itu diperlukanlah sebuah protokol. Karena aplikasi yang digunankan dalam berkomunikasi jumlahnya banyak, maka jumlah protokolpun menyesuaikan. Selain pada  lapisan tersebut diatas, protokol juga berada pada lapisan transport yang dikenal dengan port : 
  1. Domain Name System (DNS) - TCP/UDP Port 53
  2. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) - TCP Port 80
  3. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) - TCP Port 25
  4. Post Office Protocol (POP) - UDP Port 110
  5. Telnet - TCP Port 23
  6. Dynamic Host Configuration Protocol - UDP Port 67
  7. File Transfer Protocol (FTP) - TCP Ports 20 and 21

Tuesday, September 27, 2011

Jaringan Komputer [2] : Komunikasi Pada Jaringan Komputer

Artikel berikut ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya. Komunikasi yang terjadi antar komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer dimulai dari pikiran dan hati seseorang yang menggunakan komputer, kemudian dengan gerakan menekan tombol dalam keyboard komputer, apa yang dipikirkan dan dirasakan sudah berpindah ke dalam layar monitor komputer dalam bentuk data atau message (pesan) yang akan dikirimkan ke komputer lainnya yang terhubung dengan komputer tersebut. Ada tiga elemen utama yang menyebabkan hal tersebut terjadi, yang pertama sumber pesan, penerima pesan dan channel (kanal komunikasi). Pesan yang dikirimkan dari sumber menuju penerima pesan melalui sebuah kanal dikenai proses pemecahan pesan menjadi pesan yang berukuran kecil-kecil atau dikenal sebagai segmentation.  Hal ini akan menguntungkan kanal yang digunakan untuk mengirim pesan, karena bentuk yang kecil-kecil tersebut dapat ditampung bersama-sama dengan pesan yang bersumber dari tempat lain sehingga pemanfaatan kanal menjadi efektif dan efisien, hal ini dikenal sebagai multiplexing. Segmen yang dikirimkan dari sumber ke tujuan tidak selamanya melalui kanal yang sama, kadang melewati banyak kanal meski ketika sampai di tujuan tidak bersamaan. 
Selain elemen, dalam komunikasi yang terjadi pada jaringan komputer membutuhkan tiga komponen : device, media dan services. Device dalam jaringan komputer dapat berupa sebuah personal komputer atau PC, dan intermediary devices. Khusus untuk PC dikenal juga sebagai end device atau kadang disebut sebagai host. Sedangkan intermediary device dapat berupa Network Access Device ( contoh Hub, Switch dan WAP ), Internetworking Device ( contoh router ), Server, modem, dan security device (firewall). Media yang merupakan komponen kedua dapat berupa kabel atau non kabel (wireless), untuk kabel masih terbagi menjadi dua yaitu kabel tembaga dan kabel kaca (optic yang terbagi menjadi dua : kaca dan plastik). Media non kabel atau wireless menggunakan gelombang radio yang frekuensi-nya sudah ditetapkan. Sedangkan komponen terakhir dalam  services dan processes berupa perangkat lunak yang digunakan untuk bertukar data dan informasi dalam jaringan komputer, contoh Yahoo Messanger.