Sunday, October 9, 2011

Organisasi Komputer [3] : Sistem BUS


Komputer yang tersusun atas beberapa unit yang terorganisasi dapat berfungsi jika penggunanya tidak menggunakan atau memanfaatkan unit tersebut. Salah satu manfaat dari computer adalah dapat diprogram untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang tidak mampu diselesaikan oleh manusia. Dalam membuat program yang akan dijalankan oleh computer, pemrogram sebaiknya melihat kondisi perangkat keras computer tersebut, sebelum memutuskan jenis bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam membuat program atau dikenal juga sebagai aplikasi. Mengapa demikian? Program merupakan deretan atau urutan langkah-langkah, yang setiap langkahnya akan dikerjakan oleh sebuah operasi aritmatika atau logika, dan dalam setiap operasi tersabut dibutuhkan sinyal kendali yang bersumber dari unit kendali computer, contoh ADD dan MOVE.
Sebuah program yang dibuat akan disimpan dalam unit memori dari sebuah computer, unit ini akan menunggu perintah dari prosesor untuk melakukan eksekusi terhadap program yang berwuujud kumpulan instruksi yang tersimpan dalam RAM. Proses eksekusi instruksi ini akan membawa konsekuensi berpindahnya data dari RAM ke prosesor. Disinilah dibutuhkan alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan unit-unit yang teroganisir dalam computer, unit penghubung ini dikenal dengan nama BUS.
Sejarah perkembangan computer mencatat bentuk dan fungsi BUS sudah mengalami perubahan dari tahun ke tahun, secara fisik BUS memiliki tiga bentuk utama : Jalur parallel dalam mothernoard, ribbon cable dan strip connector(PCI).    


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.