Wednesday, September 7, 2011

Jaringan Komputer [1] : Dasar-dasar Komunikasi dan Bagaimana Jaringan Komputer Dapat Mengubah hidup Kita

Komputer sebagai alat bantu bagi manusia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan mengalami perkembangan dalam hal perangkat keras ataupun perangkat lunaknya. Perkembangan ini juga disebabkan penggunaan jaringan komputer yang menghubungkan antara satu komputer ke komputer yang lainnya. Akibatnya kehidupan masnusia yang menggunakan komputer dan jaringannya merasakan dampak perubahan dalam hidupnya. Perubahan pola hidup yang dilakukan manusia sebelumnya dengan menggunakan cara-cara manual kini telah berubah menjadi cara yang lebih otomatis atau yang dikenal dengan cara digital, misal dahulu orang bertukar informasi pribadi menggunakan surat atau telegram, sekarang dengan adanya jaringan email orang dapat bertukar informasi dengan kecepatan yang lebih tinggi dan muatan informasi yang lebih baik karena penggunaan gambar, audio dan video. Selain itu kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi telah menghasilkan peralatan komunikasi yang dapat dibawa kemana-mana dan berbagi informasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah sehingga lalu lintas jalan atau pergerakan manusia dari satu titik ke titik yang lainnya dapat dihindari.
Dampak yang lain, kemudahan orang dalam belajar dan mendapatkan pengetahuan lebih terbuka dan sangat maju. Dahulu seseorang yang akan belajar untuk menguasai sebuah pengetahuan harus bersekolah atau pergi membeli buku atau membaca buku diperpustakaan, dengan adanya jaringan komputer dalam bentuk internet maka hal itu tidkak mutlak dilakukan, karena dengan mengakses beberapa sumber daya di internet yang menyajikan pembelajaran (E-Learning).   
Jaringan komputer juga telah mengubah pola dan cara kerja manusia yang dahulu kebutuhan untuk saling bertemu dan berinteraksi serta bertransaksi, kini dengan jarak yang jauh interaksi dan transaksi dapat dilakukan, itulah dampak adanya jaringan komputer. Selain itu kehidupan dalam bentuk hiburan dan permainan dapat dilakukan dan bisa melibat lebih banyak orang tanpa harus bertemu secara fisik, juga menjadi dampak positif dari perkembangan komputer dan jaringan komputer.
Dengan menggunakan perangkat lunak yang didapat secara gratis dalam jaringan internet misal instant messaging dan masih banyak yang lainnya, interaksi manusia telah memicu revolusi dalam jaringan komputer dan penjualan peralatan pendukungnya.
Pada prinsipnya komunikasi data yang terjadi dalam jaringan komputer mirip dengan komunikasi verbal antar manusia. Jika manusia yang akan saling berkomunikasi membutuhkan bahasa, mulut dan telinga, lokasi, serta udara sebagai media transmisinya, maka dalam jaringan komputer, komputer yang akan berkomunikasi dengan komputer yang lainnya harus memiliki bahasa (contoh html), mulut dan telinga (peralatan jaringan komputer : lan adapter, switch dan router), lokasi dalam bentuk IP address, serta media transmisi dalam bentuk kabel atau non kabel (wireless).
Ada 4 element dalam jaringan komputer yang wajib dipenuhi : rule, medium, messages, device. Rule merupakan aturan aturan yang telah disepakati sebagai bentuk standar terjadinya komunikasi yang terkandung dalam messages. Contoh rule disini OSI dan TCP/IP. Medium merupakan peralatan jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan secara fisik antar komputer yang terhubung dalam jaringan komputer. Sedangkan device merupakan peralatan end user yang harus ada baik di dalam komputer ataupun di dalam jaringan komputer.  
Selain itu, jaringan komputer memiliki arsitektur untuk menjamin terjadinya komunikasi antar komputer. Arsitektur tersebut ada 4 yaitu :

  1. Fault tolerance, adalah salah satu yang membatasi dampak dari kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak dan kembali normal cepat.
  2. Quality of Service, transmisi suara dan video yang memerlukan tingkat kualitas yang konsisten agar pengiriman terganggu
  3. Security, rahasia dan pertukaran informasi bisnis penting melebihi apa arsitektur saat ini dapat memberikan.
  4. Scalability, memiliki cakupan yang luas untuk mendukung pengguna baru dan aplikasi tanpa mempengaruhi kinerja pelayanan yang diberikan kepada pengguna yang ada

Tuesday, September 6, 2011

Legend [8] : Ki Hajar Dewantoro The Great Theacher

Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani




His name is actually Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ( Ki Hajar Dewantara, some written with the Javanese language ‘Ki Hajar Dewantoro’  born in Yogyakarta, May 2, 1889 -died in Yogyakarta, 26 April 1959 at the age of 69 years, here in after abbreviated as "Soewardi" or "KHD" ) which is one of the descendants of Nyi Ageng Serang is Indonesia's independence movement activist, columnist, politician, and pioneer of education for the natives of Indonesia from the Dutch colonial era. He is the founder of Taman Siswa University, an institution that provides opportunities for the indigenous masses to get the right to education as well as the gentry or the Dutch people.
Ki Hajar Dewantara, educators native Indonesia, see more on the lives of human psychology. He said human beings have faculties ofcreativity, initiative and work. Development demands a whole person development of all resources equally. Development that is too focused on one power alone will result in incomplete development as human beings. He said that the education that emphasizes the intellectual aspect of sheer will only alienate students from the community. And it turns out education until now only emphasizes the development of creativity, and less attention to the development of taste and intention though. If continued would make man less humane or inhumane.
KHD column of the most famous is "If I'm A Dutch" (original title: "Alsik eens Nederlander was"), published in the newspaper De Expres-led DD, 1913 : “If I were a Dutchman, I will not hold parties in the country's independence that we have seized their own freedom. Parallel to such logic, is not only unfair, but also does not deserve to be told the inlanders give donations to fund the celebration. Idea to hold a celebration in itself is insulting them, and now we rake in his pocket any way. Let's go ahead and spiritual insult it! If I were a Dutchman, the thing that particularly offended me and fellow countrymen is the fact that sugar daddy in lander required to join an activity that not the sligh test interest for him

Monday, September 5, 2011

Organisasi Komputer [1] : Struktur dan Fungsi

Komputer yang digunakan oleh manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh manusia memiliki sejarah yang sangat panjang. Sejarah yang sangat panjang hingga membentuk sebuah komputer seperti saat ini telah mengalami perbaikan teknologi dari sisi perangkat keras dan perangkat lunaknya. Perkembangan perangkat keras yang sejak awal menggunakan teknologi tabung hampa (CRT) kemudian bergerak dan berkembang seiring perkembangan teknologi nano telah mengubah bentuk fisik komputer dari ukuran yang sangat besar menjadi ukuran yang sangat kecil sehingga mudah untuk dibawa (mobile). Sedangkan perkembangan perangkat lunak telah membuat daya tarik kepemilikan komputer personal menjadi sangat besar, jika dulu komputer hanya kita temui di perkantoran pada perusahaan nasional atau multinasional, sekarang di rumah rumah sudah banyak kita jumpai.
Bentuk fisik sebuah komputer merupakan interpretasi dari tingginya serapan teknologi dalam pembuatannya. Komputer secara organisasi tersusun atas beberapa komponen yang memiliki fungsi khusus dan hubungan antar komponen tersebut menggunakan mekanisme yang telah disepakati secara internasional. Mekanisme meliputi kendali sinyal, antar muka, teknologi memori dan yang lainnya.
Sehingga dalam perkembangannya, sebuah komputer telah mengalami perubahan dalam organisasinya tetapi arsitektur kinerjanya tidak banyak mengalami perubahan. Contoh, dalam organisasi komputer dikenal istilah BUS yang digunakan untuk menghubungkan antar komponen penyusun komputer, telah mengalami banyak perubahan, kalau dulu kita mengenal BUS EISA, sekarang berubah menjadi PCI. Inilah yang dikatakan sebagai sebuah struktur komputer yang merupakan sebuah cara menghubungkan antara satu komponen kepada komponen yang lainnya, sehingga semua komponen tadi dapat berfungsi dalam melakukan operasi-operasi tertentu yang dikehendaki oleh perangkat lunak komputer. 
Fungsi yang dilakukan komputer ada 4 :
  1. Pemindahan Data, dalam memindahkan data sebuah komputer yang memiliki organisasi, akan menggunakan perangkat lunak untuk memerintahkan komponen kendali untuk menampung dan meneruskan data dari satu komponen ke komponen yang lainnya. Contoh memindahakan data yang diinputkan dari keyboard ke layar atau monitor komputer.
  2. Penyimpan Data, ketika data yang diolah komputer pada komponen atau unit I/O tersebut diatas akan disimpan, maka unit kendali akan memerintahkan unit Input untuk meneruskan data ke dalam unit memori sehingga proses penyimpanan data terjadi. Contoh menyimpan data di MMC.
  3. Pengolahan Data, data yang disimpan dalam unit memori dapat dikeluarkan lagi untuk kepentingan pengolahan data sehingga menjadi sebuah informasi yang tentu sangat berguna bagi manusia. Contoh penerimaan siswa baru berbasis komputer
  4. Kendali, merupakan 'nyawa' dari sebuah komputer, unit ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah komputer dalam melakukan eksekusi instruksi. 

   
Referensi Pustaka : 

  1. William Stalling, COMPUTER ORGANIZATION AND ARCHITECTURE, Eigth Edition, 2011
  2. Andrew S. Tanenbaum, James R. Goodman, ORGANISASI KOMPUTER TERSTRUKTUR 1 
Referensi Gambar :
http://en.wikipedia.org/wiki/IBM_Personal_Computer