Monday, September 5, 2011

Organisasi Komputer [1] : Struktur dan Fungsi

Komputer yang digunakan oleh manusia untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh manusia memiliki sejarah yang sangat panjang. Sejarah yang sangat panjang hingga membentuk sebuah komputer seperti saat ini telah mengalami perbaikan teknologi dari sisi perangkat keras dan perangkat lunaknya. Perkembangan perangkat keras yang sejak awal menggunakan teknologi tabung hampa (CRT) kemudian bergerak dan berkembang seiring perkembangan teknologi nano telah mengubah bentuk fisik komputer dari ukuran yang sangat besar menjadi ukuran yang sangat kecil sehingga mudah untuk dibawa (mobile). Sedangkan perkembangan perangkat lunak telah membuat daya tarik kepemilikan komputer personal menjadi sangat besar, jika dulu komputer hanya kita temui di perkantoran pada perusahaan nasional atau multinasional, sekarang di rumah rumah sudah banyak kita jumpai.
Bentuk fisik sebuah komputer merupakan interpretasi dari tingginya serapan teknologi dalam pembuatannya. Komputer secara organisasi tersusun atas beberapa komponen yang memiliki fungsi khusus dan hubungan antar komponen tersebut menggunakan mekanisme yang telah disepakati secara internasional. Mekanisme meliputi kendali sinyal, antar muka, teknologi memori dan yang lainnya.
Sehingga dalam perkembangannya, sebuah komputer telah mengalami perubahan dalam organisasinya tetapi arsitektur kinerjanya tidak banyak mengalami perubahan. Contoh, dalam organisasi komputer dikenal istilah BUS yang digunakan untuk menghubungkan antar komponen penyusun komputer, telah mengalami banyak perubahan, kalau dulu kita mengenal BUS EISA, sekarang berubah menjadi PCI. Inilah yang dikatakan sebagai sebuah struktur komputer yang merupakan sebuah cara menghubungkan antara satu komponen kepada komponen yang lainnya, sehingga semua komponen tadi dapat berfungsi dalam melakukan operasi-operasi tertentu yang dikehendaki oleh perangkat lunak komputer. 
Fungsi yang dilakukan komputer ada 4 :
  1. Pemindahan Data, dalam memindahkan data sebuah komputer yang memiliki organisasi, akan menggunakan perangkat lunak untuk memerintahkan komponen kendali untuk menampung dan meneruskan data dari satu komponen ke komponen yang lainnya. Contoh memindahakan data yang diinputkan dari keyboard ke layar atau monitor komputer.
  2. Penyimpan Data, ketika data yang diolah komputer pada komponen atau unit I/O tersebut diatas akan disimpan, maka unit kendali akan memerintahkan unit Input untuk meneruskan data ke dalam unit memori sehingga proses penyimpanan data terjadi. Contoh menyimpan data di MMC.
  3. Pengolahan Data, data yang disimpan dalam unit memori dapat dikeluarkan lagi untuk kepentingan pengolahan data sehingga menjadi sebuah informasi yang tentu sangat berguna bagi manusia. Contoh penerimaan siswa baru berbasis komputer
  4. Kendali, merupakan 'nyawa' dari sebuah komputer, unit ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah komputer dalam melakukan eksekusi instruksi. 

   
Referensi Pustaka : 

  1. William Stalling, COMPUTER ORGANIZATION AND ARCHITECTURE, Eigth Edition, 2011
  2. Andrew S. Tanenbaum, James R. Goodman, ORGANISASI KOMPUTER TERSTRUKTUR 1 
Referensi Gambar :
http://en.wikipedia.org/wiki/IBM_Personal_Computer

2 comments:

  1. materi yang sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas dari dosen nih.. :D

    silahkan mampir juga..
    www.ankpiann.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog www.ankpiann.blogspot.com , cukup menarik tulisannya, cuma ada iklan yang kalimatnya menganggu secara akademis

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.