Wednesday, June 22, 2011

Konfigurasi Packet Tracer : Routing Dinamis dengan OSPF

OSPF ( Open Shortest Path First) merupakan protokol routing dinamis Link State yang digunakan untuk proses routing dalam router secara dinamis, hal ini berbeda dengan RIP dan EIGRP yang termasuk protokol routing dinamis distnace vector. Protokol Link State berfungsi update informasi atau perubahan secara periodik dalam jaringan komputer yang menggunakan router dengan mekanisme Hallo dan LSA(Link State Advertisement), yang dapat merawat basis data yang rumit dari sebuah topologi jaringan menggunakan Algoritma Djikstra, untuk menghitung rute terpendek yang harus dilewati paket data yang akan menuju tujuan pengirimannya. Selain itu OSPF dapat menghemat bandwidth tanpa mengurangi kecepatan dalam proses routingnya.
Implementasi untuk OSPF mengacu pada artikel EIGRP yang sudah saya posting sebelumnya, berikut konfigurasinya :
Router STTA
STTA(config)#router ospf 1
STTA(config-router)#network 192.168.4.0 0.0.0.255 area 1
STTA(config-router)#network 11.0.0.0 0.255.255.255 area 2
STTA(config-router)#network 12.0.0.0 0.255.255.255 area 3
STTA(config-router)#network 14.0.0.0 0.255.255.255 area 4
STTA(config-router)#exit



Untuk router yang Unur, Unsurya, dan Akper Ciembeluit, konfigurasi mengikuti router STTA baik dari caranya atau penamaan area. Konfigurasi yang lain dari OPSF dapat dilihat di tugas manajemen peralatan jaringan.

Konfigurasi Packet Tracer : Routing Dinamis dengan EIGRP

Pada artikel sebelumnya tentang routing dinamis, dijelaskan bahwa EIGRP ( Enhanced Interior Gateway Routing Protocol) termasuk protokol routing dinamis yaitu interior protokol dengan distance vector. EIGRP dikembangakan dari IGRP yang merupakan properti dari peralatan jaringan komputer bermerek Cisco, memilki composite metric dan mendukung IP V4 yang classles, sehingga mendukung juga untuk VLSM dan CIDR.

Monday, June 20, 2011

UML : Contoh Mengubah Class Diagram Menjadi Source Code dalam Bahasa Pemrograman Java

Seperti artikel yang kami post tentang class diagram, dalam class ( = sebuah spesifikasi yang akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek)ada 2 unsur, yaitu attribut ( = var yang menyimpan data yang membedakan antar objek lainnya dalam kelas, memberi informasi mengenai kelas ) dan method ( = prosedure/fungsi yang tergabung dalam objek bersama-sama dengan atribut, mengakses data dalam kelas ).