Monday, June 20, 2011

UML : Contoh Mengubah Class Diagram Menjadi Source Code dalam Bahasa Pemrograman Java

Seperti artikel yang kami post tentang class diagram, dalam class ( = sebuah spesifikasi yang akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek)ada 2 unsur, yaitu attribut ( = var yang menyimpan data yang membedakan antar objek lainnya dalam kelas, memberi informasi mengenai kelas ) dan method ( = prosedure/fungsi yang tergabung dalam objek bersama-sama dengan atribut, mengakses data dalam kelas ).  



Sebagai implementasi dari class diagram adalah penyelesaian dalam menentukan bentuk persegi panjang dan kubus, dengan mengacu bentuk fisiknya bahwa setiap kubus tersusun atas beberapa persegi panjang yang sama sisi. Dengan kondisi seperti maka class diagram terdiri dari dua buah diagram, yang pertama merupakan kelas persegi panjang dan bertindak sebagai parrent, sedangkan diagram lainnya bertindak sebagai child, dengan relasi pewarisan. Dari gambar diatas dapat disusun kode program dengan menggunakan Bahasa Jave sebagai berikut :
Class Persegi

  1. public class Persegi {
  2. private int sisi=0;
  3. public int getSisi() {
  4. return sisi;
  5. }
  6. public void setSisi(int sisi) {
  7. this.sisi = sisi;
  8. }
  9. public Persegi() {
  10. System.out.println("Ini adalah class persegi");
  11. }
  12. public int getKeliling() {
  13. return 4*this.sisi;
  14. }
  15. public int getLuas() {
  16. return this.sisi * this.sisi;
  17. }
  18. }



Class Kubus
  1. public class Kubus extends Persegi {
  2. public Kubus() {
  3. System.out.println("Ini kubus");
  4. }
  5. public void setSisiKubus(int sisi) {
  6. setSisi(sisi);
  7. }
  8. public int getKelilingKubus() {
  9. return 12*getSisi();
  10. }
  11. public int getLuasPermukaan() {
  12. return 6*getLuas();
  13. }
  14. public int getVolume() {
  15. return getSisi()*getSisi()*getSisi();
  16. }
  17. }


Setelah kedua class tersebut selesai, maka kompilelah dengan compiler java, misal jdk 1.5, dan selanjutnya agar class tersebut dapat dijalankan kita harus membuat program untuk memanggil class kubus, kode programnya seperti berikut :
  1. public class MainKubus {
  2. public static void main(String[] args) {
  3. Kubus kbs1 = new Kubus();
  4. kbs1.setSisi(10);
  5. System.out.println("Luas Permukaan Kubus: "+kbs1.getLuasPermukaan());
  6. System.out.println("Keliling Kubus: "+kbs1.getKelilingKubus());
  7. System.out.println("Volume Kubus: "+kbs1.getVolume());
  8. System.out.println("Keliling Setiap Permukaan: "+kbs1.getKeliling());
  9. }
  10. }


Artikel ini mempunyai referensi Tugas Mahasiswa dengan nama Suwito dan Astika yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Konsentrasi Jaringan dan Komputer angkatan 2008 Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta dan dapat di akses di situs E-learning stta.ac.id 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.