Wednesday, October 19, 2016

Alice [3] : Method Panel untuk Memasukan Pemrograman Java

Pembahasan berikutnya berkaitan dengan Alice, yang merupakan perangkat lunak untuk membuat animasi dengan memanfaat bahasa pemrograman java, yaitu Method Panel atau panel metod. Sebelum meneruskan membaca artikel ini, ada baiknya anda membaca tulisan saya sebelumnya tentang meletakkan obyek pada Alice. Panel method ini terletak pada bagian kiri bawah di  code editor seperti terlihat pada gambar 1 (disamping). Pada panel method ini diletakan tab procedures dan functions, kedua tab ini merupakan cerminan dari kajian ilmu Object Oriented Programming(OOP). Prosedur adalah bagian dari kode program yang mendefinisikan bagaimana objek harus melaksanakan tugas. Alice 3 memiliki seperangkat prosedur untuk setiap kelas; Namun, pengguna dapat membuat atau "menyatakan" prosedur baru. Prosedur tab menampilkan metode standar untuk contoh yang dipilih, serta metode yang didefinisikan untuk kelas objek. Begitu juga pada fungsi tab, merupakan bagian dari kode program yang dapat digunakan untuk menggerakkan obyek yang ada, untuk berpindah dari prosedur ke fungsi tab atau sebaliknya dengan cara klik mouse kiri pada tulisan procedures dan fucntions.
Selain fungsi dan prosedur, methode panel ini juga memiliki menu instance, yang juga ciri dari OOP, yang letaknya tepat diatas tab procedures dan functions. Jika combo box dari instance ini diklik maka akan ada pilihan this, this gorund, this camera dan this obyek. Metod panel pada Alice ini berguna untuk memasukan bahasa pemrograman java untuk menggerakan obyek, sehingga pergerakan dari obyek ini memunculkan sebuah animasi.  Cara memasukan procedur, fungsi dan instance dengan melakukan drag and drop bagian yang sudah dipilih pada metod panel menggunakan klik kiri kemudian ditahan dan ditarik ke bidang myFirstMethod. Berikut ini sebuah algoritma yang nantinya akan diubah ke dalam bahasa pemrograman mengunakan Alice :
  1. Masukan obyek kucing 
  2. Gerakan kucing maju kedepan
  3. Kucing mengatakan halo apakabar
  4. Kucing balik atau kembali ke belakang 
Hasil dari penerapan drag dan drop pada algoritma diatas tampak seperti pada gambar 2, di mana obyek bernama kucing garong bergerak kedepan karena prosedur this.kucinggarong.move.forward.2 dan  this.kucinggarong.moveToward.this.camera.2, kemudian kucing garong this.kucinggarong.say.hallo apakabar semua,  setelah itu kucing mundur dengan prosedur this.kuicinggarong.moveAwayFrom.thiscamera.2  serta  this.kucinggarong.move.BACKWARD.2.
 
Hasil selengkapnya  dari gerakan animasi menggunakan bahasa pemrograman java pada Alice dapat dilihat pada video berikut ini :
 
 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.