Sunday, October 25, 2015

Catatan Kuliah Jaringan Komputer Pertemuan 3

Jaringan komputer merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk mengalirkan data dari orang ke orang yang menggunakan peralatan komputer atau sejenisnya. Data dapat mengalir jika pada jaringan komputer tersbut memiliki tiga komponen utama yaitu end devices, intermediary devices, dan media transmisi. Ketiga komponen tersebut akan saling bersinerji dan berkomunikasi dengan aturan-aturan baku yang telah disepakati atau protokol, salah satunya TCP/IP.
Protokol tersebut sudah distandarisasi oleh pihak-pihak yang memiliki wewenang dalam pemberian standar, antara lain IEEE dan IETF. Protokol yang digunakan mengacu pada model referensi, dan yang paling banyak digunakan adalah OSI dan TCP/IP.
Pada model referensi OSI (7 lapisan), data akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran bahkan nama saat dikirimkan dan diterima dari satu end device.  Data akan dipecah dalam bentuk segmen, dan akan mengalami proses pengkapsulan dengan menambahkan identitas alamat MAC dan IP. Disisi lain, saat data sampai tempat tujuan maka proses yang terjadi adalah sebaliknya. Sehingga sebelum dikirimkan dan sesudah diterima mengalami perubahan yang pada model referensi OSI yaitu encoding, formatting, segmenting dan encapsulating. Pada model referensi TCP/IP data juga mengalami perubahan yaitu data, segment, packet, frame, dan bits

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.