Wednesday, September 16, 2015

Catatan Kuliah Jaringan Komputer Pertemuan 1

Jaringan komputer dengan skla kecil atau besar (Internet) telah banyak mengubah cara hidup manusia modern saat ini. Perubahan ini sangat terasa sekali saat kita berbicara (berkomunikasi), belajar, bekerja, dan bahkan bermain. Jaringan memiliki tiga skala, kecil, menengah dan besar (bisnis). Jaringan komputer skala kecil atau kita sebut sebagai  jaringan komputer yang sederhana terdiri dari dua komputer yang dihubungkan secara peer to peer (P2P) dengan menggunakan media transmisi kabel atau non kabel.
Jaringan komputer skala menengah digunakan untuk menghubungkan komputer yang jumlahnya puluhan, sedangkan jaringan komputer skala besar digunankan untuk menghubungkan jutaan perangkat komputer yang ada di galaxy ini, dan sering dikenal sebagai internet.
Internet adalah jaringan terbesar di keberadaan. Bahkan, internet istilah berarti 'jaringan dari jaringan. Internet menyediakan layanan yang memungkinkan kita untuk menghubungkan dan berkomunikasi dengan kami keluarga, teman, dan pekerjaan. Karena berpengaruh sangat besar, jaringan internet membutuhkan infrastruktur jaringan komputer yang dapat dihandalkan.
Infrastruktur jaringan adalah platform yang mendukung jaringan. Infrastruktur jaringan  komputer menyediakan saluran stabil dan dapat diandalkan di mana komunikasi berlangsung. Infrastruktur jaringan  komputer terdiri dari komponen jaringan termasuk end devices, intermediate device, dan network media. Selain stabil dan dapat dihandalkan, infrastruktur jaringan komputer harus dapat memberikan jaminan keamanan.
Keamanan jaringan merupakan bagian integral dari jaringan komputer, terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet, atau sebagai besar sebagai perusahaan dengan ribuan pengguna. Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dalam hal ukuran, jumlah pengguna, dan jumlah dan jenis layanan yang mendukungnya. Infrastruktur jaringan harus berkembang dan menyesuaikan untuk para penggunanya. Dengan Routing dan switching platform dasar dari setiap infrastruktur jaringan dapat memberikan pelayanan bagi para penggunannya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.