Sunday, May 12, 2013

Bola Itu Bundar [2] : Alex "Iron Scotland" Ferguson

Artikel ini bukan kelanjutan artikel sebelumnya, tentang the King, meski ia adalah anak didiknya. Artikel ini saya tulis sebagai sebuah penghargaan kepada SAF (Sir Alex Ferguson) yang telah melatih united selama 26 tahun dengan prestasi 36 gelar dimulai dari tahun 1986 hingga 2013. Yang pada malam tadi tanggal 12 Mei 2013 pukul 24.00 waktu Indonesia bagian barat memberikan kata perpisahan kepada semua pendukung MU (united) baik di old traffod atau bagi mereka yang dilayar televisi, berikut transkrip pidatonya :
Saya tidak memiliki skrip pidato di dalam pikiran saya, saya hanya ingin mengucapkan apa sebenarnya sepakbola itu. Terima kasih kepada semua orang di Manchester United, bukan hanya para direktur, pemain, staf pelatih, tapi untuk Anda semua. Ini merupakan pengalaman amat fantastis dalam hidup saya. Terima kasih.
Saya merasa amat beruntung, karena memiliki peluang dan kemampuan menangani para pemain hebat di negara ini, utamanya di Manchester United. Semua pemain yang ada di sini saat ini, mereka mewakili klub dengan cara amat hebat dan memenangi pertandingan dengan amat fantastis. Good job!
Pengunduran diri saya ini jangan dianggap sebagai akhir hidup saya di klub. Saya akan tetap menikmati pertandingan. Anda harus ingat dan pikirkan, semua gol yang tercipta di menit akhir, kemenangan dan bahkan kekalahan, merupakan bagian dari permainan sepakbola. Termasuk bagian dari klub besar ini.
Rasanya tidak bisa dipercaya dapat memiliki pengalaman hebat bersama klub ini, jadi saya harus mengucapkan rasa terima kasih saya. Saya juga ingin mengingatkan Anda, ketika kami memiliki waktu buruk, klub mendukung saya, pemain mendukung saya dan tugas Anda sekarang adalah saling mendukung pelatih baru. Ini amat penting.
Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya ingin mengucapkan terima kasih dan hormat saya pada Paul Scholes yang mundur hari ini. Paul merupakan salah satu pemain besar dalam klub ini dan rasanya tidak akan pernah lagi mendapatkan pemain seperti dia. Semoga dia menikmati masa pensiun dan saya tahu ia akan masih tetap di dekat saya dan mengganggu saya.
Saya menginginkan semua pemain sukses di masa depan. Anda tahu betapa hebatnya Anda semua. Saya mau pulang kampung, yeah saya akan memasuki dunia lain saya. Saya berterima kasih kepada semuanya termasuk keluarga Ferguson. Mereka berdiri semua di sana, ada 11 orang cucu. Terima kasih...terima kasih.
Begitu mengharukan, sosok yang datang ke United tahun 1986 dari Skotlandia, ia yang berhasil menyingkirkan tahta  Ranger dan Celtic dari tahta liga Skotlandia, memenuhi harapan penggemar dan pengurus United untuk menyingkirkan Liverpool dari tahta Liga Inggris. Dan ia butuh 6 tahun untuk memulai rencana besar tersebut. Dimulai tahun 1993 menjuarai Liga Primer English (format baru) dengan menyingkirkan Aston Villa yang saat itu kalah dari lawannya sehingga United mampu menambah angka dan juara serta menjadi juara piala FA yang memberikan julukan bagi mereka "double". Sebelumnya, pada tahun 1990, United menggondol juara piala FA setelah mengalahkan Crystal Palace. Dan pada tahun 1991 United menjuarai piala Winner (sekarang sudah ditiadakan) setelah mengalahkan Barcelona di Final.
Pada tahun 1999, United menjadi cerita yang melegenda di dunia sepak bola dengan menjuara piala pada 3 kejuaraan yang berbeda. Football Bloody Hell, kalimat yang diucapkan SAF ketika mereka membuat panitia  liga champion 1999 mengganti pita biru (bayern munchen) yang sudah dipasang setelah MU membalikan keadaan dari tertinggal 1-0 selamat 89 menit menjadi keunggulan 2-1 melalui Seringham dan Solkjaer.
Luar biasa, pelatih yang dicap sebagai penggemar "klenik" ini, karena melakukan pergantian pemain selalu diatas menit 70, memulai cerita tahta MU di liga Inggris setelah mengalahkan Aston Vila dalam perburuan gelar tahun 1992 dan mengakhiri karirnya sebagai pelatih di MU pada tahun 2013 setelah United juara untuk ke 20, melewati Liverpool, setelah menggasak Aston Villa.
"Dengan manajer yang pensiun, jelas atmosfer di sini makin emosional. Luar biasa bisa terlibat di hari ini," timpal Jonny Evans
"Ini adalah hari yang emosional buat semuanya. Ini adalah sebuah perasaan yang aneh dan sudah seperti ini sepanjang pekan. Ini adalah sebuah hari yang spesial," kata gelandang MU Michael Carrick.
Terimakasih Alex, anda telah sukses menyingkirkan Liverpool dari tahtanya, anda telah membuat legenda yang akan sangat susah disamai yang lainnya, dan sang penggantinya pun datang dari tempat yang sama, BESI SKOTLANDIA.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.