Monday, April 8, 2013

Package dan Penggunaannya dalam Java


Package di dalam bahasa pemrograman java merupakan kumpulan class dan interface. Class yang merupakan struktur dasar dari pemrograman berorientasi obyek terdiri dari dua tipe, field dan method. Field merupakan tipe data yang didifinisikan oleh class sedangkan method merupakan operasinya. Sehingga sebuah obyek dalam pemrograman berorientasi obyek merupakan turunan dari class. Contoh sebuah class bernama mobil maka didalamnya ada obyek jenis, warna, bahan bakar, kecepatan dan lain-lain.

Interface merupakan jenis blok program yang berisi method signature, inteface menjelaskan sebuah signature dari kumpulan method. Interface digunakan untuk mendifiniskan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat class. Interface digunakan jika ingin membuat class yang tidak berhubungan untuk implementasi method yang sama.
Ketika kita membuat program dengan menggunakan bahasa java (package dan class baru), kadang kita membutuhkan class lain diluar package yang sedang kita buat tersebut. Sebuah contoh sebua program yang ditulis dengan bahasa java
  1. package Baru;
  2. import javax.swing.JOptionPane;
  3. import javax.swing.*;
  4. public class baru
  5. public static void main(String[]args)
  6. {
  7. JOptionPane.showMessageDialog(null,"SELAMAT DATANG");
  8. }


Baris pertama memiliki makna bahwa kita membuat package sendiri dengan nama Baru, package ini akan menjadi sebuah folder di direktori dalam komputer kita. Baris kedua memiliki makna bahwa kita menggunakan class JOPtionPane yang berada didalam package swing, sedangkan package swing berada didalam package javax. Ini yang disebut hirarki berjenjang dalam penyusunan package. Baris ketiga merupakan cara menggunakan semua class yang ada dalam package swing. showMessageDialog pada bari ke tujuh memiliki arti bahwa class JOptionPane menyediakan method didalamnya untuk menampilkan pesan, selain showMessageDialog pada JOPtionPane juga ada methode showInputDialog yang digunakan untuk menampilkan form yang dapat menerima inputan dari keyboard dalam bentuk string. Method yang lain adalah showInputDialog digunakan untuk menampilkan menu konfirmasi Yes atau NO. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.