Wednesday, March 27, 2013

Memasukan Data Pada Pemrograman Java

Bahasa Pemrograman Java sama dengan bahasa pemrograman yang lainnya, perbedaannya adalah pada syntax dan compiler/interpreter yang digunakan. Persamaan ini terkait pada teknik dalam pembuatan program, pada bahasa pemrograman diluar java mengenal teknik percabangan dan perulangan, demikian pula pada bahasa pemrograman java mengenal teknik tersebut. Salah satu teknik yang digunakan dalam membuat program adalah meng-input-kan data.
Data terbagi menjadi dua jenis, data statis dan data dinamis, data statis adalah data yang dimasukkan dalam kode program sehingga diperlukan cara untuk membongkar kode program jika ingin mengubah data, oleh sebab itu data jenis ini hanya diterapkan pada sebuah konstanta. Data dinamis adalah data yang dimasukkan ketika program sedang dijalankan melalui peralatan input komputer, dalam hal ini adalah keyboard. Data yang diolah oleh komputer menggunakan program komputer ini, ditampung oleh sebuah variabel yang memiliki tipe data, menjadi sebuah informasi yang dapat dimanfaatkan manusia.
Pada bahasa pemrograman java, cara memasukan data dinamis dilakukan dengan tiga cara [untuk sementara ini, saat tulisan ini dipublikasikan], yaitu : scanner, BufferedReader dan JOptionPane.
Scanner, class ini dapat digunakan untuk menerima data masukan dari keyboard saat program dijalankan dengan tampilan command prompt. Contoh kode program berikut ini :


  1. package javaapplication9;
  2. import java.util.Scanner;
  3. public class JavaApplication9 {

  4.     public static void main(String[] args) 
  5.     {
  6.         String a;
  7.         Scanner in = new Scanner(System.in);
  8.         System.out.print("Masukan nama anda = ");
  9.         a = in.nextLine();
  10.         System.out.println("Hallo " +a);
  11.         
  12.     }
  13. }



BufferedReader, dapat digunakan dalam program yang anda buat dengan menggunakan bahasa pemrograman java dengan menambahkan statment import java.io.*; Java.io.* merupakan sebuah package yang didalamnya berisi class-class yang dapat kita manfaatkan dalam memproses data yang berasal dari unit input komputer.
JOptionPane, berada pada package javax.swing. Dengan cara memanggil yang sama, yaitu menggunakan statment import maka package ini dapat digunakan untuk membantu kita dalam membuat program komputer dengan menggunakan bahasa java yang menerapkan pola inputan data saat program dijalankan, untuk contoh dari JOptionPane selengkapnya dapat anda baca [klik].

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.