Saturday, June 23, 2012

Pointer


Pointer adalah variabel yang berisi alamat memori sebagai nilainya, berbeda dengan variabel biasa yang berisi nilai tertentu.


Dengan kata lain, pointer berisi alamat dari variabel yang mempunyai nilai tertentu. Dengan demikian, ada variabel yang secara langsung menunjuk ke suatu nilai tertentu, dan variabel yang secara tidak langsung (merupakan variabel pointer) menunjuk ke nilai. Dalam bahasan pointer ada dua operator yang memegang kunci operasi pada pointer, yaitu operator & dan operator *. Operator & merupakan operator alamat dan Operator * merupakan operator reference.
Keuntungan mengakses memori dengan menggunakan pointer daripada menggunakan variabel global adalah bahwa fungsi yang dapat mengakses data hanya fungsi yang mempunyai pointer tersebut, dengan demikian kontrol terhadap pemakaian data dan mengurangi masalah yang timbul ketika sebuah fungsi mengubah data tersebut secara tidak sengaja.
Dalam bahasa C / C++ terdapat format dalam deklarasi variabel. Format deklarasi variabel dalam bahasa C / C++ adalah sebagai berikut:
tipe_data *nama_pointer
contoh program
  1. #include<stdio.h>
  2. int main()
  3. {
  4. int angka; //variabel angka
  5. int *pangka; // pointer yang menunjuk ke variabel pangka
  6. angka=5;
  7. printf("Masukan Angka = ");
  8. scanf("%d",&angka);
  9. pangka=&angka;
  10. printf("Angka yang dimasukan %d pointer angka %p", angka,pangka);
  11. return 0;
  12. }


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.