Saturday, January 7, 2012

Pemrograman WEB : Sejarah dan Ikhtiar

Pemrograman WEB termasuk dalam kategori pemrograman teks, artinya dalam membuat sebuah program, programmer tidak akan dimanjakan dengan drag and drop seperti yang terjadi pada pemrograman visual. Tetapi pemrograman WEB juga tidak mirip dengan pemrograman teks pada umumnya yang membutuhkan compiler untuk mengeksekusi program menjadi sebuah aplikasi tetapi pemrograman WEB membutuhkan interpreter untuk mengeksekusi program yang diketikan,
perangkat lunak yang digunakan sebagai interpreter ini antara lain semua perangkat lunak yang dikatagorikan sebagai WEB Browser. Bahasa yang digunakan untuk membuat WEB juga bermacam-macam, tetapi yang paling banyak digunakan adalah HTML dan PHP. Selain itu, perkembangan WEB site ( merujuk kesebuah situs internet), para programmer sering mengembangkannya dengan menggandeng data base yang support ke WEB, sehingga menjadikan sebuah sistem informasi berbasis WEB. 
Istilah WEB sebetulnya diambil dari singkatan WWW ( World Wide Web) yang didefinisikan sebagai   suatu koleksi dokumen multimedia yang saling terkait yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protokol yang umum (HTTP). WEB tidak sama dengan internet, tetapi WEB diakses menggunakan jaringan komputer yang bernama internet. Internet merupakan jaringan komputer yang secara fisik digunakan untuk menghubungkan jutaan komputer yang menggunakan protokol yang sama untuk berbagi / transmisi informasi (TCP / IP) pada kenyataannya, Internet adalah jaringan dari jaringan yang lebih kecil. Sehingga jika diambil kata kuncinya, internet merupakan perangkat keras dan WEB merupakan perangkat lunaknya.
Komunikasi data yang menggunakan komputer dengan jarak yang terpisah sudag mulai dikaji dan diteliti mulai tahun 1960an (lebih jauh klik untuk membacanya). Dalam perkembangan sejarahnya hingga tahun 2000an ini internet digunakan lebih dari 600 milyar lebih penggunanya (sumber www.nua.ie). Perkembangan yang cukup fantastis ini dipicu oleh penemuan protokol HTTP yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989. 
WEB site yang sekarang kita nikmati saat berselancar di internet tidak terlepas dari jasa beliau, sehingga WEB berkembang menjadi dua jenis, statis dan dinamis. Sebuah WEB dikatakan sebagai WEB statis jika informasi yang ditampilkan dalam WEB tersebut tidak pernah berubah-ubah atau selalu sama setiap diakses pada waktu yang berbeda-beda. Sedangkan WEB dinamis merupakan sebuah WEB site yang memiliki tampilan yang berbeda-beda meski diakses dalam waktu yang bersamaan atau tidak, karena semua tergantung pengguna yang mengakses WEB tersebut.


Image Reference : ilmuwebsite.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.