Monday, December 19, 2011

Jaringan Komputer [9] : Ethernet

Artikel berikut ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya (klik), ethernet bukan lapisan dalam model referensi OSI atau TCP/IP tetapi ethernet merupakan teknologi dalam membangun jaringan computer dalam bentuk Local Area Network (LAN). Jika dilihat dari lapisan dalam model referensi, Ethernet berada pada lapisan Data Link (MAC) dan lapisan fisik, atau dalam model referensi TCP/IP berada pada lapisan Network. Ethernet merupakan teknologi yang dapat diterapkan secara berbeda-beda dalam lapisan fisik, antara lain fiber dan copper serta bandwidth yang berbeda-beda. Ehternet dibuat dan diperkenalkan pertama kali sebagai LAN oleh Xerox dan distandarisasi oleh DIX (Digital, Intel, Xerox) hingga pada tahun 1985 distandarisasi oleh IEEE dengan nomor 802.3. keunggulan dari Ethernet adalah :
  1. Kesederhanaan dan kemudahan pemeliharaan
  2. Kemampuan berkolaborasi dengan teknologi baru (misalnya serat optik, bandwidth yang lebih tinggi)
  3. Handalan
  4. Rendah biaya instalasi dan upgrade
Teknologi yang diterapkan di Ethernet yaitu CSMA/CD, yang dalam jaringan computer LAN sering terjadi tabrakan data yang disebabkan oleh sebuah host ketika  mengirimkan  sinyal pada media transmisi/kabel tetapi penerima data tidak mengetahui. Hingga hal itu menimbulkan latency.
Latency adalah waktu yang diperlukan sinyal  untuk perjalanan dalam media transmisi/kabel. Semakin lama kabel dan perangkat yang lebih menengah, latency yang lebih, jika terdeteksi tabrakan data maka akan dikirimkan ulang, jika deteksi terlambat maka tidak aka nada pengiriman ulang.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.