Wednesday, May 18, 2011

Password Recovery di Cisco seri 800



Pernahkah anda kebingungan ketika lupa nama password (kata kunci) yang harus anda masukkan ketika anda menggunakan peralatan cisco router seri 800. Jangan bingung baca saja artikel berikut ini.
Artikel ini ditulis dengan mengacu produk cisco router seri 800 dan anda dapat membaca tutuorialnya di situs resmi miliki cisco (http://www.cisco.com/). Password yang digunakan untuk memberikan rasa aman kepada pengguna, dalam hal ini adalah cisco router, dapat saja lupa atau diganti oleh orang lain tanpa sepengetahuan anda. Password yang diijinkan untuk diaktifkan di peralatan router ini ada 2 macam, password untuk konsol dan password untuk telnet. Membuat password untuk konsol :
  1. Masuk dalam konsol router, melalui hyper terminal atau tera term menggunakan kabel konsol yang disambungkan ke konverter usb cH304.
  2. Ketikan perintah enable, kemudian tekan enter, untuk masuk ke Privileged exec mode
  3. Setelah masuk ke prompt ini, yang ditandai dengan tanda #, maka selanjutnya ketikan configure terminal. kemudian sesuaikan perintah seperti pada konfigurasi berikut ini :
  • Paris(config-line)#password cisco
  • Paris(config-line)#login
  • Paris(config-line)#exit


Ketika password cisco yang kita buat atau lupa maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan menghilangkan password lama dengan cara mengembalikan lagi konfigurasi awal dari peralatan tersebut, konsekuensinya anda akan kehilangan setting-an atau konfigurasi lama yang telah anda buat, bukannya membongkar cisco seperti pada gambar berikut. Jangan panik, lakukan urutan perintah berikut ini :

  1. Masuk ke konsol menggunakan kabel yang telah direkomendasikan.
  2. Hidupkan peralatan router anda, dalam keadaan boot, tekan tombol keyboard ctrl+c.
  3. Setelah itu akan muncul prompt boot#
  4. Jika tidak ulangi dari awal hingga muncul prompt tersebut.
  5. Setelah prompt boot# muncul, ketikan set ios-conf = 142
  6. Jika tidak menginginkan menghapus password maka angka yang digunankan adalah 141
  7. Kemudian sebelum router tersebut di restart, ketikan perintah save

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.