Sunday, January 9, 2011

Bandwidth



Bandwidth atau lebar pita yang merupakan jarak ( range ) antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dari suatu band frekuensi yang digunakan dalam komunikasi dengan jarak yang tidak terjangkau indera manusia dan membutuhkan media transmisi. Bandwidth sangat dikenal dalam ilmu kelistrikan arus lemah dan dimanfaatkan untuk memindahkan data atau informasi yang berjarak dengan menggunakan frekuensi. Teknologi pemindahan data dengan jarak ini juga digunakan dalam bidang komputer pada umumnya dan jaringan komputer pada khususnya. Pada jaringan komputer besar kecilnya bandwidth akan mempengaruhi komunikasi data yang terjadi antar komputer. Bandwidth menjadi faktor yang menentukan dalam pemindahan data sebesar n byte per satuan waktu detik. Jadi kalau diilustrasikan dalam suatu gambar seperti pada gambar dibawah ini, maka rombongan mobil yang melewati jalan yang lebar akan lebih cepat sampai tujuan dibandingkan jalan yang sempit.










Manajemen Bandwidth
Perkembangan jaringan komputer yang sangat pesat terutama internet telah memaksa lahirnya teknologi baru dalam bidang perangkat keras maupun perangkat lunak komputer dan jaringan komputer. Perkembangan ini menimbulkan permasalahan baru, karena komunikasi data antar komputer cenderung meningkat dalam ukuran megabyte. Padatnya lalu lintas data yang terjadi dalam jaringan komputer ini telah memunculkan teori baru tentang manajemen bandwidth. Manajemen bandwidth ada 4 macam ( The Packeteer Technical Forum ) yaitu :
1. Penambahan Bandwidth.
2. Penggunaan skema antrian terhadap router.
3. Upgrading terhadap perangkat keras komputer dan jaringan komputer.
4. Packet shaper
Penambahan Bandwidth
Penambahan bandwidth terhadap jaringan komputer dengan bandwidth kecil dan lalulintas data antar komputer yang sangat padat menjadi satu solusi dalam tingkatan manajemen bandwidth. Dengan resiko yang kecil, tetapi biaya yang mahal, penambahan bandwidth menjadikan jumlah data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain dalam jaringan komputer menjadi lebih cepat.
Penggunaan Skema Antrian Terhadap Router
Dukungan perangkat keras jaringan komputer sangat diperlukan agar jaringan komputer mempunyai kecepatan tinggi. Ada salah satu cara atau teknik untuk membuat suatu jaringan komputer menjadi lebih cepat transfer rate-nya, yaitu dengan menambahkan router yang diletakan pada titik persambungan antara dua buah jaringan komputer yang berbeda.








Router dapat berupa sebuah perangkat keras bernama router ataupun dengan menggunakan komputer tetapi di setup sebagai router. Dengan menggunakan skema antrian pada router ini maka bandwidth dapat dikendalikan dengan membuat skala prioritas bagan data atau informasi yang sering di akses oleh pengguna.
Upgrading Terhadap Perangkat Keras Komputer dan Jaringan Komputer
Cara ini paling ideal jika kondisi keuangan lebih dari cukup, karena bagaimanapun juga komputer dan perangkat keras jaringan komputer memiliki usia pakai.
Packet Shaper
Efek leher botol yang terjadi ketika jaringan komputer berkecepatan tinggi ( LAN ) dihubungkan dengan jaringan komputer berkecepatan rendah ( Internet ) sehingga menyebabkan data yang akan melewati titik persambungan ini harus saling bersaing untuk melalui jalur yang berkecepatan rendah. Packet shaper merupakan salah satu metode untuk menghindari efek leher botol. Packet shaper yang diletakan pada suatu WEB server bekerja dengan urutan sebagai berikut :
1. Membuat alokasi bandwidth terhadap jalur-jalur yang telah dibentuk mirip pipa-pipa maya dalam saluran kabel.
2. Memberikan skala prioritas terhadap sumber-sumber yang sering diakses oleh user.
3. Mengalokasikan bandwidth yang ada untuk jalur-jalur yang sudah dibentuk.
4. Memberikan hak akses untuk user terhadap jalur-jalur yang ada.
5. Melakukan kontrol lalu lintas data.










Referensi
  • Hero Wintolo, "MANAJEMEN BANDWIDTH UNTUK MENCEGAH EFEK LEHER BOTOL DALAM KOMPUTER SERVER INTERNET", Tesis, 2003
  • Alteon Web System Inc, ”White Paper : Bandwidth Management- Scalable, Granular Resource Control for Web Data Centers”, California
  • The Packeteer Technical Forum, 1998, “ Controlling TCP/ IP Bandwidth”, TCP/ IP Bandwidth Management Series, Number 1 of 3, Packeteer Inc.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.