Saturday, January 15, 2011

Animasi 2D dan 3D[3] : Pesawat Mendarat

Nama : Baginda Suryanto
NIM : 08030013

Tutorial Singkat:
1. Pastikan aplikasi 3ds max telah terinstall di PC anda.
2. Buka aplikasi 3ds max anda melalui menu start atau double klik icon 3ds max pada desktop anda.
3. Setelah itu ambilah 1 gambar sebagai referensi anda membuat pesawat.
4. Buat sebuah silinder di dalam Front viewport kira-kira membentuk diameter pesawat.
5. Buka parameters rollout dan isikan nilai-nilai dibawah ini:
· Radius : 27.5
· Height : 20
· Sides : 12
6. Klik left viewport, kemudian sorot silinder objek dan klik kanan pada tombol mouse, setelah itu pilih convert to > convert to editable poly.
7. Klik modify dan pilihlah polygon.
8. Pilih sisi dalam melalui penampang perspektif viewport.
9. Klik extrude yg ada di bagian Edit Polygons rollout.
10. Lakukan extrude ke depan sehingga memanjang.
11. Klik Left viewport dan atur posisi poligon yang baru itu.
12. Ulangi proses extrude berkali kali dan posisikan silinder itu sehingga menyerupai ilustrasi pesawat gambar.
13. Kemudian, pakai teknik Extrude untuk memperpanjang silinder itu dan kali ini, perkecil poligonnya sehingga agak meruncing.
14. Lakkukan lagi teknik extrude dan perkecil poligon itu.
15. Klik left viewport.
16. Posisikan tiap tiap vertex sehingga titik-titik silinder itu menutup garis-garis pesawat secara efektif.
17. Klik modify dan pilihlah vertex.
18. Atur posisi vertex yg ada di belakang agar menutup garis sketsa pesawat bagian belakang.
19. Pakai teknik extrude dan perkecil poligon untuk menutup badan pesawat bagian belakang.
20. Sesuaikan posisi titik-titik (vertex) di pesawat bagian belakang agar menutup sketsa dengan sempurna.
21. Klik modify dan pilih MeshSmooth.
22. Buka subdivision amount dan masukkan angka 2 di kotak iterations.
23. Setelah pengaturan di atas, Anda akan melihat objek badan pesawat yang jauh lebih halus di perspective viewport.
24. Klik top viewport.
25. Geser vertex-vertexnya sehingga bagian samping tampak lebih menonjol ke arah kiri.
26. Membuat sayap dengan mengklik create> standart primitives> box.
27. Buatlah persegi empat di front viewport( disamping kiri badan pesawat).
28. Sorot dan klik tombol kanan pada mouse, pilih covert to> convert to editable poly.
29. Klik modify> vertex
30. Kemudian atur objek hingga menyerupai bentuk sayap pesawat.
31. Kemudian membuat sayap belakang sama mekanismenya dengan membuat sayap bagian depan dengan memanfaatkan persegib panjang.
32. Selanjutnya kita akan membuat mesin jet.
33. Dalam pembuatan mesin jet kita mengklik create> standard primitives> cylinder.
34. Buatlah sylinder di bawah sayap pesawat yang telah kita buat diawal.
35. Klik parameters rollout dan masukkan nilai dibawah ini:
· Radius: 11.396
· Height: -14.326
· Height segs: 1
· Sides: 12
36. Klik left viewport
37. Tekan tombol kanan mouse dan pilih convert to> conver to editable poly.
38. Gunakan teknik extrude dan pengubahan posisi vertex untuk menggambar mesin jet. Prinsipnya sama dengan menggambar badan pesawat.
39. Atur gambar hingga menyerupai mesin jet pesawat yang menjadi acuan pembuatan kita.
40. Kemudian aturlah warna setiap bidang pesawat dengan sesuai keinginan kita.
41. Klik kanan mouse dan pilih properties pada bidang yang akan kita warnai.
42. Setelah itu kita membuat rudal yang prinsip kerjanya sama dengan membuat sebuah pesawat.
43. Hanya ukuran dan kerumitannya saja yang berbeda.
44. Setelah itu kita mengatur background yang kita berikan.
45. Sebelumnya buat terlebih dahulu background kreasi kita dengan menggunakan photoshop atau corel draw.
46. Setelah itu simpan dalam bentuk jpeg.
47. Setelah itu klik menu rendering> environment. Maka akan muncul jendela environmetn and effects.
48. Pada rollout common parameters, pada kategori background,klik tulisan none pada environment maps,kemudian akan terbuka jendela materials/map browser. Double klik bitmaps.
49. Pilih gambar yang telah kita buat sebelumnya dan klik tombol open. Maka otomatis akan menjadi background project 3D kita.
50. Close jendela environments and effects.
51. Atur posisi objek dengan membayangkan posisi background nantinya.
52. Stelah itu coba render.
53. Setelah muncul dan merasa gambar tersebut yang paling pas,maka klik icon disket pada render dan simpan dengan format jpeg.
54. Demikian Tutorial singkat saya dalam proses pembuatan pesawat 3D pada Ujian akhir Semester matakuliah gambar seni, 2D dan 3D.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.